Selasa 02 May 2023 21:09 WIB

Hari Pendidikan Nasional, Sekolah di Cirebon Kebanjiran

Banjir menggenangi ruang kelas di SDN 1 Gunungsari, Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Sekolah terdampak banjir.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
(ILUSTRASI) Sekolah terdampak banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — SDN 1 Gunungsari di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terkena banjir saat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5/2023). Alih-alih masuk sekolah selepas masa liburan, para siswa SDN 1 Gunungsari terpaksa diliburkan.

SDN 1 Gunungsari berada di wilayah Desa Gunung Sari, Kecamatan Waled. Kepala SDN 1 Gunungsari, Suwanda, mengatakan, kegiatan belajar mengajar (KBM) pada Selasa ini tidak dapat dilaksanakan karena sekolah kebanjiran. 

Bukan hanya sekolah, lingkungan permukiman warga juga kebanjiran, sehingga anak-anak terkendala menuju sekolah. “Otomatis kami tidak bisa melaksanakan (kegiatan) belajar dengan baik, walaupun guru-guru sebenarnya sudah siap mengajar,” kata Suwanda, Selasa (2/5/2023).

KBM secara daring pun sulit dijalankan. Pasalnya, dikabarkan tak sedikit siswa SDN 1 Gunungsari yang rumahnya terdampak banjir. Suwanda mengatakan, KBM rencananya kembali dilaksanakan pada Rabu (3/5/2023). “Jadi, pelajaran hari ini bisa ditambahkan untuk besok hari,” ujar dia.

Halaman SDN 1 Gunungsari dan juga sejumlah ruangan terkena banjir. Suwanda menjelaskan, ada tujuh ruang kelas di sekolahnya yang tergenang banjir. Pihak sekolah sudah berupaya membendung banjir menggunakan alat sederhana, sehingga dapat meminimalkan air yang masuk.

“(Air banjir) yang masuk ke ruangan sekolah hanya 20 sentimeter karena kami siap. Alhamdulillah, teratasi, dengan dibendung, walau dengan alat sederhana, sehingga kotoran dari sungai yang meluap bisa teratasi. Akhirnya kita membersihkan sekolah juga tidak terlalu capai,” kata Suwanda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement