Ahad 07 May 2023 18:11 WIB

Cukur Timor Leste 3-0, Timnas Indonesia U-22 Lolos Semifinal SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 yang terus menyerang akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
 Penyerang timnas U-22 Indonesia Ramadhan Sananta berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste dalam laga lanjutan Grup A SEA Games 2023 Kamboja di National Stadium, Phnom Penh, Ahad (7/5/2023). Timnas U-22 unggul 3-0 atas Timor Leste sekaligus memastikan lolos ke semifinal.
Foto: Dok. PSSI
Penyerang timnas U-22 Indonesia Ramadhan Sananta berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste dalam laga lanjutan Grup A SEA Games 2023 Kamboja di National Stadium, Phnom Penh, Ahad (7/5/2023). Timnas U-22 unggul 3-0 atas Timor Leste sekaligus memastikan lolos ke semifinal.

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Timnas Indonesia U-22 kembali clean sheet saat menghadapi Timor Leste pada lanjutan Grup A SEA Games 2023 Kamboja di National Stadium, Phnom Penh, Ahad (7/5/2023). Indonesia sempat kesulitan menghadapi perlawanan ketat Timor Leste, tapi akhirnya berhasil menang 3-0  untuk melaju ke babak semifinal.

Indonesia mendominasi serangan di lima menit pertama. Percobaan pertama dilakukan oleh Witan Sulaeman saat menerima umpan dari Pratama Arhan di kotak penalti, tapi tendangan Witan yang mendapat gangguan masih meleset dari sasaran.

Baca Juga

Indonesia yang terus menyerang akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan di menit-menit akhir babak pertama. Gol diciptakan oleh Ramadhan Sananta dengan tandukan ke gawang saat ia memaksimalkan umpan dari Fajar Fathur Rahman. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia di paruh pertama.

Pada babak kedua, tepatnya di menit ke-53, Fajar menyia-nyiakan peluang di depan gawang. Ia melepaskan umpan yang terlalu keras untuk Ramadhan Sananta sehingga tandukannya pun meleset di atas mistar. Di menit ke-62 Fajar akhirnya sukses menggandakan keunggulan dengan penyelesaian tenang di kotak penalti. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Keunggulan dua gol membuat Indonesia tampil lebih percaya diri. Skuad Garuda Muda terus menggempur pertahanan Timor Leste. Peluang dimiliki Ramadhan Sananta saat meneruskan umpan tarik dari sisi kanan. Namun, tembakannya masih membentur mistar, kemudian bola rebound juga gagal dimaksimalkan Fajar.

Gol Fajar di menit ke-75 membawa Indonesia unggul 3-0. Gol itu tercipta dengan dramatis saat Indonesia melancarkan serangan. Percobaan pertama dilakukan Beckham Putra tapi diblokir, bola mengarah ke Fajar dan langsung diselesaikan dengan tembakan ke gawang tapi mampu ditepis sehingga membentur tiang. Fajar baru berhasil dengan tembakan akrobatik pada percobaan kedua.

Hasil ini membuat Indonesia berhasil melaju ke semifinal SEA Games 2023. Indonesia berada di puncak klasemen Grup A dengan sembilan poin dari tiga laga.

Koleksi poin Indonesia mustahil dikejar tim posisi kedua Kamboja yang baru mengumpulkan empat poin, maupun tim posisi ketiga Myanmar dan tim posisi keempat Timor Leste, yang keduanya baru mengumpulkan tiga poin.

Kamboja saat ini menempati posisi kedua dengan empat poin dari dua laga. Tuan rumah SEA Games 2023 itu sesaat lagi menghadapi Myanmar, yang saat ini mengoleksi tiga poin dari dua laga.

Di Grup A, Indonesia tinggal menyisakan laga kontra tim tuan rumah yang tak akan berpengaruh dengan kelolosan skuad Garuda Nusantara ke semifinal.

Berikut starting XI kedua tim:

Indonesia:

Muhammad Adisatryo (kiper); Rizky Ridho, Ilham Rio Fahmi, Komang Teguh, Ananda Raehan Alif, Marselino Ferdinand, Witan Sulaeman, Muhammad Ramadhan Sananta, Pratama Arhan, Fajar Fathur Rahman, Alfeandra Dewangga

Pelatih: Indra Sjafri

Timor Leste:

Alexandro Da Silva (kiper); Jhon Frith, Orcelio Moreira Da Silva, Anizo Correia, Moniz Fernandes, Mouzinho De Lima, Zenivio Gustavo Mota, Olegar Malik Xavier, Joao Bosco, Luis Pereira, Ricardo Rorinho

Pelatih: Park Soon-tae.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement