Senin 08 May 2023 18:00 WIB

11.320 Siswa Jalani UTBK 2023 di Unpad, Panitia Gunakan Metal Detector dan Lakukan Body Checking

Tidak ada toleransi keterlambatan bagi peserta.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Pusat UTBK Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar UTBK-SNBT 2023 di 33 ruangan di Kampus Jatinangor. Foto : republika
Pusat UTBK Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar UTBK-SNBT 2023 di 33 ruangan di Kampus Jatinangor. Foto : republika

Kampus—Sebanyak 11.320 siswa mengikuti UTBK 2023 di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Jawa Barat (Jabar). Panitia melakukan pemindaian melalui metal detector dan body checking untuk mengantisipasi kecurangan oleh peserta.

Koordinator pelaksana UTBK Unpad Inu Isnaeni Sidiq, PhD, mengatakan, sebelum peserta masuk ruangan, terlebih dahulu diperiksa dokumen kelengkapan ujian. Selain itu dilakukan pemindaian melalui metal detector dan body checking. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada barang apapun yang berpotensi digunakan untuk kecurangan di bawa ke dalam ruangan.

Lebih lanjut Inu mengungkapkan bahwa di Unpad, tidak ditemukan pelanggaran di ujian hari pertama. Jika terjadi pelanggaran, panitia pun sudah menyiapkan prosedur, yaitu peserta yang melakukan pelanggaran akan dicatat dan dilakukan penandatanganan berita acara.

“Alhamdulillah lancar untuk di sesi pertama berjalan dengan sangat baik,” kata Inu seperti dikutip dari laman unpad.ac.id.

Baca juga :

Unpad Terima 1.498 Mahasiswa Baru di SNBT 2023, Cek 15 Prodi Sepi Peminat

15 Prodi Soshum dengan Persaingan Paling Ketat di Unpad

Unpad Buka Jalur Mandiri Jalur Prestasi 2023, Cek Persyaratan Lengkapnya

Peserta diminta hadir satu jam sebelum pelaksanaan ujian untuk menjalani prosedur pemeriksaan dokumen dan keamanan. Selanjutnya, jika ujian sudah berlangsung, peserta yang terlambat tidak diperkenankan mengikuti ujian.

“Karena kalau untuk kebijakan dari pusat sendiri memang tidak diberikan toleransi apapun untuk keterlambatan,” kata Inu.

Lebih lanjut Inu mengingatkan peserta untuk tidak lupa dalam persiapan dokumen ujian. Sebaiknya, dokumen sudah disiapkan setidaknya satu hari sebelumnya sehingga tidak ada yang tertinggal. “Selain itu jaga kesehatan. Pastikan juga untuk mengecek lokasi satu hari sebelum hari ujian,” imbuhnya.

UTBK 2023 di Unpad dilaksanakan di 33 ruangan di sejumlah lokasi, yaitu enam ruangan di Fakultas Kedokteran, dua ruangan di Fakultas Kedokteran Gigi, dan empat ruangan di Fakultas Keperawatan. Selain itu empat ruangan di Fakultas MIPA, dua ruangan di Fakultas Farmasi, 12 ruangan di PPBS, dan tiga ruangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Inu mengungkapkan, Unpad telah menyiapkan pengawas dengan rasio satu pengawas untuk 20 peserta. Selain itu, Unpad pun telah mengantisipasi potensi adanya berbagai pelanggaran.

“Sudah banyak yang dilakukan terutama di pemeriksaan di awal. Jadi ada pemeriksaan berlapis oleh tim keamanan khususnya oleh Menwa,” tegas Inu.

Baca juga :

Ini Tips Lulus UTBK-SNBT dari Psikolog Unpad, Dari Cara Belajar Sampai Mengatasi Kecemasan

Ini yang Harus Dilakukan dan tidak Boleh Dilakukan Sebelum, Saat Ujian, dan Selesai UTBK 2023

Ini Perubahan Jadwal UTBK-SNBT 2023 Resmi darii Panitia SNPMB

Dokumen yang Harus Dibawa Saat UTBK-SNBT 2023, Jangan Sampai Ketinggalan

Menjelang Ujian, Ini 10 Hal yang Harus Dilakukan Peserta UTBK-SNBT 2023

Cek 10 Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Inggris UTBK-SNBT 2023 dan Pembahannya

10 Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasan Soalnya

Ini Tips Lulus UTBK-SNBT dari Psikolog Unpad, Dari Cara Belajar Sampai Mengatasi Kecemasan

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement