Senin 22 May 2023 15:12 WIB

Billy Corgan: Kecerdasan Buatan Bakal Mengubah Musik Selamanya

Dia mengatakan AI akan mempersulit seniman organik untuk bersaing.

Rep: Impresi Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Impresi Republika
.

Instagram/billycorgan
Instagram/billycorgan

Billy Corgan dari Smashing Pumpkins mengatakan AI akan "mengubah musik selamanya". Itu terjadi beberapa hari setelah Sting memperingatkan tentang "pertempuran" yang akan datang antara manusia dan Kecerdasan Buatan

Billy Corgan mengatakan dia yakin AI akan "mengubah musik selamanya". Vokalis Smashing Pumpkins itu berbicara tentang peningkatan penulisan lagu yang dipimpin oleh AI dan bagaimana artis muda akan dapat menggunakannya untuk "mempermainkan sistem", dalam wawancara baru dengan DJ radio AS Zach Sang.

“AI akan mengubah musik selamanya. Karena begitu artis muda mengetahui bahwa mereka dapat menggunakan AI untuk mempermainkan sistem dan menulis lagu yang lebih baik untuk mereka, mereka tidak akan menghabiskan 10.000 jam di ruang bawah tanah seperti yang saya lakukan," kata Corgan seperti dilansir NME.

“Pada akhirnya, seni adalah tentang penegasan. Beberapa hari yang lalu seseorang memberi tahu saya bagaimana seorang artis rap terkenal akan bekerja, mereka akan membawa semua orang yang berbeda ini dan mereka akan memilih irama yang paling mereka sukai."

“Sekarang, mari kita ubah ke AI. 'Hei, AI. Beri aku 50 ketukan dari 50 lagu rap terbaik sepanjang masa. Mmm, saya suka nomor 37.’ Itu menginspirasi saya. Apakah mereka merobeknya? Tidak terlalu. Karena saya melakukan hal yang sama."

"Saya hanya melakukannya secara analog. Saya mendengarkan 10.000 lagu – jadi apa bedanya? Jadi ini benar-benar tentang mereka yang dapat membedakan, bahkan jika itu adalah AI yang memberi mereka pilihan."

Dia juga mengatakan AI akan mempersulit seniman organik untuk bersaing. “Masalahnya adalah, jika Anda seorang seniman organik seperti saya, akan sangat sulit untuk bersaing dengan sejumlah besar orang yang tidak tahu cara menulis lagu tetapi memiliki pemahaman yang baik, bukan? tidak bernyanyi tetapi memiliki Auto-Tune. Anda pikir ada banyak musik buruk yang keluar sekarang, tunggu saja," tutur Corgan kemudian.

Komentarnya muncul beberapa hari setelah Sting memperingatkan tentang "pertempuran" yang akan datang antara manusia dan Kecerdasan Buatan terkait dengan penulisan lagu.

“Bahan penyusun musik adalah milik kita, milik manusia,” katanya. “Itu akan menjadi pertempuran yang harus kita lawan dalam beberapa tahun ke depan: Mempertahankan sumber daya manusia kita dari AI.”

Mantan pentolan The Police ini pun mengaku yakin tak akan pernah bisa meniru lagu ciptaan manusia.

Bulan lalu, sebuah band Inggris menjadi viral setelah menggunakan AI untuk membayangkan seperti apa suara Oasis jika mereka melakukan reformasi dan merilis album baru pada tahun 2023.

Sementara itu, Corgan baru-baru ini secara terbuka memuji Radiohead dengan menyebut mereka sebagai salah satu band pertama yang memanfaatkan cara baru dalam membuat musik di tahun 1990-an.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement