Senin 05 Jun 2023 13:46 WIB

Hunian Berkonsep TOD, Solusi Milenial dan Gen Z yang Ingin Punya Rumah

Konsep TOD mendukung kehadiran kota yang efisien.

Red: Natalia Endah Hapsari
PT Adhi Commuter Properti Tbk. mengembangkan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD)  berfokus pada penyelesaian proyek hunian TOD di Bekasi, Sentul, dan Tangerang.
Foto: ADCP
PT Adhi Commuter Properti Tbk. mengembangkan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) berfokus pada penyelesaian proyek hunian TOD di Bekasi, Sentul, dan Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk mendukung gaya hidup menggunakan transportasi massal, saat ini tak sedikit pengembang yang membangun properti berkonsep Transit Oriented Development (TOD).

Dikutip dari situs resmi Divisi Riset dan Keilmuwan Himpunan Mahasiswa Geografi Pembangunan Universitas Gadjah Mada, Transit Oriented Development (TOD) dapat diartikan sebagai konsep pengembangan ataupun pembangunan kota dengan memaksimalkan penggunaan lahan yang bercampur dan terintegrasi serta mempromosikan penggunaan angkutan umum massal dan gaya hidup sehat, seperti berjalan kaki dan bersepeda.

Baca Juga

Merujuk pada definisi tersebut, TOD boleh dibilang dapat mendukung dan menggambarkan definisi kota yang efisien, yaitu kota yang tidak menimbulkan keborosan ekonomi, kepadatan, kemacetan serta dapat mendorong berbagai kegiatan dalam kota secara produktif dan berkelanjutan. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mengungkapkan hunian berbasis TOD dapat membantu generasi milenial untuk memiliki hunian.