Kamis 08 Jun 2023 16:52 WIB

Isak Tangis Keluarga Iringi Pelepasan Calon Jamaah Haji Padang Panjang

Tahun ini, jumlah jamaah calon haji dari Padang Panjang sebanyak 118 orang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah
Suasana pelepasan jamaah haji dari Kota Padang Panjang di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang, Kamis (8/6/2023).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Suasana pelepasan jamaah haji dari Kota Padang Panjang di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang, Kamis (8/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG -- Suasana haru penuh isak tangis terjadi saat pelepasan jamaah haji asal Kota Padang Panjang di Masjid Islamic Center Padang Panjang, Kamis (8/6/2023). Pihak keluarga rela berdesak-desakkan melihat anggota keluarganya hendak berangkat ke tanah suci menunaikan rukun Islam kelima.

Ratna (45 tahun), warga Padang Panjang, mengaku terharu melepas orang tuanya akhirnya dapat menunaikan ibadah haji.

Baca Juga

"Penantian yang cukup panjang orang tua saya untuk mewujudkan cita-citanya naik haji. Akhirnya kesampaian. Semoga ibu saya sehat selama perjalanan, melaksanakan ibadah dan kembali selamat ke pangkuan keluarga," kata Ratna.

Pemberangkatan jamaah di halaman Masjid Islamic Center Padang Panjang tadi sempat terkendala karena ramainya keluarga jamaah yang datang. Tahun ini jumlah jamaah calon haji dari Padang Panjang sebanyak 118 orang.

Sebanyak 112 di antaranya tergabung ke dalam kloter V Embarkasi Padang. Sementara sisanya enam orang lagi akan berangkat bersama kloter terakhir atau kloter gabungan.

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, yang ikut melepas keberangkatan calon jamaan berpesan agar mereka tetap menjaga kesehatan. Karena perbedaan cuaca serta kondisi di Tanah Suci sedang mengalami cuaca ekstrem panas.

"Mudah-mudahan calon jamaah bisa beradaptasi dan mampu menjaga kesehatan dengan langkah-langkah disiplin. Kita doakan agar kembali ke Tanah Air dengan selamat dan dapat menjadi haji yang mabrur," ujar Sonny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement