Sabtu 17 Jun 2023 17:45 WIB

Meski Unggul Rekor Pertemuan dengan Li Shi Feng, Ginting Diminta Tetap Waspada

Ginting harus mengatasi perlawanan Li Shi Feng di semifinal Indonesia Open malam ini.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Indonesia Open 2023.
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Indonesia Open 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting akan berduel dengan tunggal putra Cina Li Shi Feng pada babak semifinal Indonesia Open 2023, Sabtu (17/6/2023) malam. Dari segi rekor pertemuan, Ginting tercatat jauh lebih unggul dibanding peringkat ke-10 dunia tersebut. 

Berdasarkan catatan laman BWF, Ginting dan Li tercatat telah saling berhadapan sebanyak tiga kali. Ginting, yang saat ini menempati rangking dua tunggal putra dunia, mampu menyapu bersih kemenangan di semua pertandingan kontra pebul utangkis berusia 23 tahun tersebut.

Baca Juga

Duel perdana antara keduanya tersaji di perempat final India Open, pertengahan Januari silam. Saat itu, Ginting sukses mengalahkan Li, 11-21, 21-17, 18-21. Pun saat keduanya bentrok di Kejuaraan Asia 2023, tepatnya di babak perempat final, akhir April silam. Kala itu, Ginting mendapatkan perlawanan sengit dari Li.

Tidak hanya harusa tampil di tiga gim, Ginting juga harus melakoni laga ketat dalam dua gim penentu kemenangan dengan skor, 21-10, 21-23 dan 24-26. Terakhir, keduanya saling berhadapan di babak perempat final Singapura Open 2023, awal bulan ini. Seperti halnya di dua turnamen sebelumnya, Ginting mampu meraih kemenangan dengan permainan tiga gim, 13-21, 21-16, 12-21.

Selain mampu mengalahkan Li, di dua turnamen terakhir tersebut, Ginting mampu meraih gelar juara. Kendati masih mengantongi rekor, 3-0, dalam pertemuan dengan Li, Ginting diharapkan untuk tetap mewaspadai kemampuan Li. Hal ini diungkapkan rekan senegara Ginting di sektor tunggal putra, Jonatan Christie.

Menurut peringkat ketujuh ganda putra dunia tersebut, ada perbedaan kondisi laju shuttlecock di Indonesia Open 2023 dibanding di Singapura Open 2023. Jojo, panggulan Jonatan Christie, merujuk pada kemenangan Ginting atas Li di Singapura Open 2023. 

Perbedaan Kondisi ini dikhawatirkan bisa menganggu ritme ataupun pola permainan Ginting. Pebulu tangkis berusia 27 tahun itu pun diharapkan bisa tampil lebih sabar dalam meladeni permainan Li.

''Di sini, bolanya agak sedikit pelan atau lambat. Saya rasa, Ginting harus bermain lebih sabar lagi. Kalau beberapa serangannya nggak bisa tembus, (Ginting) harus lebih tenang lagi,'' kata Jojo.

Ginting menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang tersisa di sektor tunggal putra Indonesia Open 2023. Juara Singapura Open dalam dua edisi terakhir itu melangkah ke babak semifinal usai menyingkirkan tunggal putra Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinhus, di babak pertama, kemudian tunggal putra India, Priyansu Rajawat, di babak kedua. Sementara di babak perempat final, Ginting melewati adangan Jojo dua gim langsung, 21-19, 21-16.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement