Sabtu 01 Jul 2023 17:55 WIB

Inspirasi Usaha Saat Pensiun, Bisa Cuan Ratusan Juta

Ada peluang usaha setelah melihat banyak lebah yang menghinggapi kebun bunga.

Red: Natalia Endah Hapsari
Peternak memanen madu lebah trigona. Berwirausaha madu berpotensi mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta tiap tahun/ilustrasi.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Peternak memanen madu lebah trigona. Berwirausaha madu berpotensi mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta tiap tahun/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM---Banyak jalan yang bisa kita tempuh untuk meraih sukses dan memulai usaha. Mereka yang akan memasuki masa pensiun bisa belajar dari apa yang dilakukan oleh Salimun, warga di Kota Batam ini yang memulai usaja sejak 2019.

Berawal dari kesukaannya mengkonsumsi madu murni, Salimun akhirnya sukses menjadi petani lebah jenis trigona. Salimun bisa mendapatkan keuntungan ratusan juta per tahun dari madu yang dihasilkan lebah piaraannya itu.

Baca Juga

Usahanya dimulai ketika dia memikirkan apa yang harus dilakukan menjelang dia pensiun di tempat kerjanya. Ia berpikir bagaimana tetap mempunyai penghasilan agar bisa bertahan di kota yang sedang berkembang ini.

Warga Tembesi, Kota Batam, ini melihat peluang manis setelah melihat banyak lebah yang menghinggapi kebun bunga di depan pekarangan rumahnya. Ia pun belajar di internet untuk mencari tahu mengenai cara budi daya lebah.