Ahad 02 Jul 2023 07:46 WIB

Puan Sentil Polri, Ingatkan Tangani Kasus Hukum Jangan Tunggu Viral

Polri diminta kedepankan restorative justice tindak pidana ringan masyarakat kecil.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 yang digelar Polda Jawa Barat, di kawasan Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Sabtu (1/7/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 yang digelar Polda Jawa Barat, di kawasan Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Sabtu (1/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan selamat HUT ke-77 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Ia berharap, Polri semakin profesional dan terus bekerja memberi pelayanan terbaik bagi rakyat.

Polri harus terus profesional menjalankan fungsi, tugas pokok dan kewajibannya. Dalam hal ini, Polri harus mampu memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberi perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga

"Tingkatkan kedisiplinan dan profesionalitas dalam melayani dan menjaga keamanan masyarakat," ujar Puan lewat keterangannya, Sabtu (1/7/2023).

Ia juga mengingatkan agar Polri senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik dalam berbagai dinamika dan tantangan yang ada. Termasuk saat menghadapi tahun politik jelang Pemilu 2024.

"Dengan profesionalitasnya, saya yakin Polri mampu menjaga tahun politik sehingga Pemilu 2024 bisa berlangsung dengan aman, damai, dan gembira," ujar Puan.

Lebih lanjut, Puan meminta Polri untuk bijaksana menghadapi kasus yang melibatkan orang-orang kecil. Sehingga tidak ada kesan hukum hanya tajam ke bawah.

"DPR berharap Polri mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam menghadapi kasus hukum rakyat kecil yang sangat membutuhkan pengayoman dari penegak hukum," ujar Puan.

Di samping itu, Polri perlu mengedepankan restorative justice pada kasus tindak pidana ringan yang melibatkan masyarakat kecil maupun rakyat dari kelompok rentan. Pada usia Polri yang ke-77, Puan yakin instansi penegak hukum tersebut dapat lebih baik lagi.

"Masyarakat berharap, Polri bisa bekerja secara terbuka, penuh keadilan, dan sigap untuk semua penegakan hukum tanpa perlu menunggu peristiwa viral terlebih dahulu," ujar Puan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement