Ahad 02 Jul 2023 23:47 WIB

Komitmen Bank Muamalat Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Bank Mumalat kembali menjalin kerja sama dengan Universitas Brawijaya.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Karyawan bertransaksi menggunakan kartu Shar-E Debit Muamalat di mesin ATM Muamalat
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Karyawan bertransaksi menggunakan kartu Shar-E Debit Muamalat di mesin ATM Muamalat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pionir bank syariah di Tanah Air, Bank Muamalat berkomitmen untuk senantiasa berkontribusi pada peningkatan angka indeks literasi dan inklusi keuangan. Khususnya yang terkait dengan keuangan syariah.

"Kami juga memiliki produk dan layanan perbankan untuk mengakomodir kebutuhan di ruang lingkup akademis yang dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi, seperti Universitas Brawijaya," ujar Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan dalam keterangan, dikutip Ahad (2/7/2023).

Bank Mumalat kembali menjalin kerjasama dengan Universitas Brawijaya dalam lingkup pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan produk perbankan Universitas Brawijaya sendiri sudah menjadi nasabah Bank Muamalat sejak Mei 2019 melalui pemanfaatan produk perbankan, di antaranya yaitu Cash Management System (CMS) Madina, giro, tabungan, dan deposito.

Dalam waktu dekat perguruan tinggi yang berlokasi di Malang ini juga akan memanfaatkan layanan virtual account, biller pembayaran biaya kuliah mahasiswa dan Employee Benefit Program untuk staf Universitas Brawijaya. Indra menjelaskan, perguruan tinggi merupakan salah satu sektor yang menjadi fokus perseroan dalam rangka meningkatkan penetrasi layanan Madina. Layanan ini ditujukan untuk nasabah korporasi yang memungkinkan nasabah untuk memonitor maupun melakukan transaksi perbankan nontunai atas seluruh rekening yang berada di Bank Muamalat secara realtime.

Madina menawarkan fleksibilitas kepada nasabah melalui opsi layanan Madina Advanced dan Madina Basic dimana fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan administrasi dan transaksi nasabah. Selain itu terdapat pula fitur transaksi mulai dari pembayaran gaji karyawan (payroll), tagihan BPJS Ketenagakerjaan, pajak, hingga zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Madina juga sudah terintegrasi dengan layanan virtual account sehingga nasabah dapat mengunggah data tagihan dan mengunduh laporan rekonsiliasi penerimaan pembayaran dari para pelanggan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement