Kamis 06 Jul 2023 17:13 WIB

Koalisi Ganjar Bakal Gandeng Mantan Panglima TNI Sebagai Ketua Tim Sukses

Koalisi pengusung Ganjar Pranowo akan menggandeng mantan Panglima TNI Andika Perkasa

Red: Bilal Ramadhan
Mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berfoto bersama dengan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo. Koalisi pengusung Ganjar Pranowo akan menggandeng mantan Panglima TNI Andika Perkasa
Foto: Dok. Republika
Mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berfoto bersama dengan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo. Koalisi pengusung Ganjar Pranowo akan menggandeng mantan Panglima TNI Andika Perkasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hanura berkumpul di Rumah Aspirasi dan Kantor Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP). Keempatnya berkumpul untuk merumuskan struktur tim pemenangan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Iya salah satunya menyiapkan itu (tim pemenangan Ganjar), jadi kami dari parpol tentu akan sampaikan usulan nama-nama yang akan ditugaskan di tim kampanye nasional dan juga nanti akan bersama-sama di tim relawan," ujar Sekretaris Jenderal PPP, Arwani Thomafi di Rumah Aspirasi, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, mencuat nama mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang diisukan menjadi ketua tim pemenangan Ganjar. Arwani sendiri menjawab normatif ihwal peluang Andika memimpin tim tersebut.

"Hari Senin (pekan depan) setidaknya nanti ada perkembanganya, apakah nanti akan secara keseluruhan atau kita sampaikan sementara usulan-usulan dari parpol," ujar Arwani.

Adapun saat ini, mesin politik partai berlambang Ka'bah itu sudah bergerak untuk mensosialisasikan Ganjar di berbagai wilayah. Dalam pertemuan itu, dirumuskan juga kerja sama dan strategi keempat partai politik untuk menghadapi pemilihan legislatif.

"Pada prinsipnya partai-partai politik dalam posisi siap melaksanakan kerja sama tidak hanya dalam memenangkan Pak Ganjar Pranowo di Pilpres, tetapi juga kita membangun kerja sama sukses di dalam pemilu legislatif di dalam Pemilu 2024," ujar Arwani.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Djarot Saeful Hidayat mengatakan, tim pemenangan untuk Ganjar Pranowo terus dirumuskan. Djarot menyebut PDIP sudah menjalin komunikasi dengan mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Selain Andika, ada pula nama Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Arsjad Rasjid untuk masuk ke dalam tim sukses Ganjar.

"Kalau Pak Andika sudah ya (komunikasi), Pak Arsjad juga pasti ya, pasti komunikasi. Komunikasi kita kan baik, PDI Perjuangan kan partai yang inklusif ya dan Mbak Puan itu komunikasinya juga sangat baik," ujar Djarot di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

"Sehingga diharapkan nanti tim kampanye nasional itu betul-betul kompak, solid, dan bisa menjangkau berbagai macam, ya. Segmen masyarakat dan tokoh masyarakat ya, sampai dengan anak-anak muda," sambungnya.

Andika sendiri mengatakan, hingga saat ini tidak ada keputusan terkait ditunjuknya dirinya menjadi ketua tim sukses untuk bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo. Namun, dia mengaku, siap jika mendapatkan tugas tersebut.

"Siap, kalau ditugaskan," ujar Andika usai puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement