Sabtu 22 Jul 2023 16:40 WIB

Mau Jadi Full Time Trader? Begini Tipsnya

Setiap trader harus memiliki strategi bermain saham dan memiliki trading plan.

Rep: Masrinedi Umar Umar/ Red: Partner
.
Foto: network /Masrinedi Umar Umar
.

Republika
Republika

IBUWARUNG -- Hadirnya perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi digital dalam pasar modal Indonesia, seperti Ajaib, mendorong anak muda Indonesia untuk memulai investasi di Pasar Modal Indonesia. Data Kustodian Efek Sentral Indonesia (KSEI) menunjukkan jumlah investor individu pasar modal Indonesia per akhir Juni 2023 mencapai 11,1 juta SID (Single Investor Identification), tumbuh sekitar 8,5 persen secara year to date (ytd). Dari sisi demografi, sekitar 57 persen investor individual pasar modal berusia 30 tahun ke bawah.

Banyak dari investor baru ini yang tertarik untuk menjadi full-time trader. Mengambil keuntungan dari pergerakan harga saham tentu sangatlah menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Untuk menjadi trader handal, seorang trader harus mengetahui tips-tips trading saham yang benar agar tidak salah langkah.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memberikan panduan untuk menjadi full time trader dan menjadi trader handal dalam melakukan transaksi saham.

1. Himpun Modal yang Dibutuhkan