Senin 24 Jul 2023 17:40 WIB

Lebih Baik Pilih Tomat Organik, Ini Alasannya

Ada alasan makanan organik lebih sehat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pakar nutrisi menyarankan agar memilih tomat organik karena rasanya yang lebih enak (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Pakar nutrisi menyarankan agar memilih tomat organik karena rasanya yang lebih enak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian orang masih bingung terkait bahan makanan berlabel 'organik'. Apakah benar kualitasnya lebih baik dibandingkan bahan makanan yang tidak memiliki label organik? Menurut pakar nutrisi, ada alasan makanan organik lebih sehat.

Profesor genetika sekaligus pakar nutrisi Tim Spector menjelaskan berbagai hal tentang makanan organik pada salah satu episode siniar kesehatan ZOE. Dia menyampaikan, organik berarti bahan makanan itu tidak mengandung pestisida, herbisida, atau bahan tambahan kimia apa pun.

Baca Juga

Selain itu, Spector berpendapat rasa makanan organik jauh lebih enak dibandingkan produk non-organik. Jika ditanya buah atau sayuran apa yang akan selalu dia beli secara organik untuk dikonsumsi sendiri, Spector menjawab itu adalah tomat organik sebab terasa lebih enak.

"Saya makan tomat hampir setiap hari, dan menurut saya alasan itu penting. Saya juga akan mengatakan stroberi, karena saya suka stroberi, tetapi saya tidak memakannya setiap hari," kata Spector, dikutip dari laman Daily Record, Senin (24/7/2023).

Meski begitu, Spector mengatakan itu adalah pendapat sesuai selera pribadinya. Dia menekankan bahwa semua orang bebas memutuskan apa yang mereka santap secara teratur. Yang jelas, menyantap makanan sehat bakal membuat perbedaan besar bagi kesehatan jangka panjang.

Terlepas dari aspek kesehatan, satu hal yang dikeluhkan dari produk organik adalah harga yang lebih mahal dibandingkan makanan yang tidak berlabel organik. Untuk menyiasati itu, Spector menganjurkan membeli makanan organik beku atau kalengan.

Dalam pandangan Spector, makanan organik beku atau kalengan sama enak dan sehat dengan produk organik segar, tetapi sering kali jauh lebih murah. Spector menjelaskan, produk organik beku bisa lebih murah karena tidak menghabiskan biaya pengangkutan yang harus jauh lebih cepat seperti makanan organik segar.

Tetap saja, usai membeli produk organik, konsumen perlu membersihkan dengan benar sebelum memakannya. Meski tak ada pestisida atau bahan kimia, kita tetap perlu untuk memastikannya seaman mungkin. Spector merekomendasikan untuk mencuci buah atau sayur dengan soda kue yang jauh lebih baik daripada hanya dicuci dengan air.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement