Senin 24 Jul 2023 12:34 WIB

Celaka Jika Bangga dengan Kesalahan yang Pernah Diperbuat

Jangan berbangga diri pernah melakukan kesalahan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Celaka Jika Bangga dengan Kesalahan yang Pernah Diperbuat. Foto:  Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Celaka Jika Bangga dengan Kesalahan yang Pernah Diperbuat. Foto: Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mungkin di kalangan anak muda atau orang tua, masih ada yang suka berbangga diri karena mempunyai pengalaman pernah nakal dan berbuat dosa. Pengalamannya tersebut diceritakan dengan perasaan bangga, maksudnya agar orang lain terkesan.

Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam bukunya Nashaihul Ibad mengingatkan bahwa orang yang bangga dengan kesalahan dan dosanya akan dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan ketakutan.

Baca Juga

Syekh Nawawi al-Banteni menukil riwayat yang diriwayatkan seorang ahli zuhud tentang orang yang bangga dengan perbuatan dosanya.

"Siapapun yang merasa bangga dengan perbuatan dosanya, maka Allah SWT akan melemparkannya ke dalam neraka dalam keadaan ketakutan. Siapapun yang bersedih (khawatir) terhadap ketaatan yang telah dilakukannya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dalam keadaan bahagia."

Ahli zuhud adalah orang yang membuang jauh atau tidak mementingkan lagi segala urusan dan kemewahan duniawi. Mereka memanfaatkan dunia hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhannya saja, tidak lebih.

Riwayat yang disampaikan ahli zuhud tersebut menunjukan bahwa siapapun yang merasa bangga dengan perbuatan dosa dan merasa senang dengan perbuatannya meskipun harus menanggung dosa, maka Allah akan memasukkannya ke dalam neraka dalam keadaan ketakutan.

Orang yang berbuat dosa seharusnya menyesali perbuatannya, merasa bersedih dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Supaya dosanya diampuni Allah SWT.

Siapapun yang berbuat ketaatan dengan disertai perasaan sedih karena takut kepada Allah SWT, karena telah meremehkan apa yang telah diwajibkan-Nya, maka ia akan memasuki surga dengan penuh kebahagiaan.

Orang seperti itu berarti telah melakukan dua kebajikan, yaitu ketaatan dan penyesalan atas dosa yang telah diperbuatnya. Dilansir dari kitab Nashaihul Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008.

Syekh Nawawi al-Banteni juga mengingatkan agar jangan menganggap ringan dosa-dosa kecil.

Hukama adalah ahli hikmah atau makrifat, sebagian hukama meriwayatkan, "Jangan kalian menganggap ringan dosa-dosa kecil karena sesungguhnya dari situlah lahirnya dosa-dosa besar."

Bahkan kemurkaan atau azab dari Allah, kadang-kadang ditimpakan karena sebab dosa yang kecil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement