Selasa 25 Jul 2023 05:37 WIB

Keutamaan Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash Shiddiq

Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash Shiddiq memiliki keutamaan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash Shiddiq. Foto:   Hijrah Nabi Muhammad bersama Abu Bakar.
Foto: google.com
Keutamaan Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash Shiddiq. Foto: Hijrah Nabi Muhammad bersama Abu Bakar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Dalam kitab Nashaihul Ibad yang ditulis oleh Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dijelaskan keutaman Sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq dan Sayyidina Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu.

Menukil dari Syekh Abdul Mu'thi As Samlawi, diriwayatkan dari Umar Radhiyallahu anhu. Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bertanya kepada Malaikat Jibril.

Baca Juga

Rasulullah SAW berkata, "Beritahukan kepadaku tentang keutamaan Umar." Maka Malaikat Jibril menjawab, "Seandainya air laut menjadi tintanya dan pepohonan menjadi penanya, niscaya aku tidak akan sanggup menghitungnya."

Kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya lagi, "Sekarang beritahukan kepadaku tentang kebaikan Abu Bakar?" Maka Malaikat Jibril menjawab, "Umar hanyalah salah satu kebaikan dari kebaikan-kebaikan yang dimiliki Abu Bakar."

Dilansir dari kitab Nashaihul Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰى ۗوَاِنْ تَدْعُ مُثْقَلَةٌ اِلٰى حِمْلِهَا لَا يُحْمَلْ مِنْهُ شَيْءٌ وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۗ اِنَّمَا تُنْذِرُ الَّذِيْنَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ ۗوَمَنْ تَزَكّٰى فَاِنَّمَا يَتَزَكّٰى لِنَفْسِهٖ ۗوَاِلَى اللّٰهِ الْمَصِيْرُ
Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang dibebani berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul bebannya itu tidak akan dipikulkan sedikit pun, meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat engkau beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada (azab) Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka yang melaksanakan salat. Dan barangsiapa menyucikan dirinya, sesungguhnya dia menyucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah tempat kembali.

(QS. Fatir ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement