Selasa 25 Jul 2023 13:10 WIB

Elnusa Targetkan Laba Bersih Tumbuh 12 Persen pada 2023

Optimisme itu mengacu pada realisasi kontrak kerja konsolidasi perseroan.

Red: Fuji Pratiwi
PT Elnusa Tbk
Foto: Instagram PT Elnusa Tbk
PT Elnusa Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan jasa energi PT Elnusa Tbk (ELSA) menargetkan laba bersih dapat tumbuh sebesar 12 persen year on year (yoy) pada 2023 ini.

Manager Corporate Communications Elnusa Jayanty Oktavia Maulina mengatakan, optimisme tersebut mengacu pada realisasi kontrak kerja konsolidasi perseroan. Termasuk carry forward yang telah mencapai 90 persen sampai dengan kuartal II tahun ini.

Baca Juga

"Untuk itu kami akan tetap fokus memperkuat dan mengembangkan tiga bisnis inti perseroan pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, dan jasa pendukung migas yang mampu menunjang kinerja perseroan satu sama lain," kata Jayanty menjelaskan.

Sebagai upaya mendukung target tersebut, Jayanty mengungkapkan perseroan telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 500 miliar untuk 2023. Dia menyebut, sebanyak 46 persen dari capex dialokasikan untuk maintain capacity alat survei seismic darat dan juga perawatan sumur.

Kemudian, sekitar 35 persen untuk pertumbuhan bisnis pada kegiatan pemeliharaan kapasitas kelengkapan, seperti pekerjaan Hydraulic Workover (HWU), Mobile Well Testin, serta Jasa Distribusi dan Logistik Energi untuk pembangunan dan revitalisasi Terminal Petroleum Liquefied Gas (TPLG) di Kolaka, Tanjung Pandan, dan Labuan Bajo.

Pihaknya mengungkapkan perseroan telah merealisasikan belanja modal sebesar 40 persen per semester I 2023 dari total anggaran capex 2023. Belanja itu digunakan untuk investasi pembelian Aset AWB Offshore.

Dia menjelaskan, investasi pembelian Aset AWB Offshore untuk meningkatkan kapasitas bisnis hulu, serta menambah Armada Mobil Tangki. Sarana ini memperkuat kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan yang terus meningkat pada jasa distribusi dan logistik energi di seluruh negeri.

Sebagai upaya mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, Ia menyebut perseroan terus berkomitmen untuk berinvestasi dan melanjutkan kinerja melalui beberapa strategi.

Adapun, strategi tersebut diantaranya melakukan penguatan operation excellence, peningkatan kapasitas serta pengembangan bisnis yang pada akhirnya memberikan kontribusi signifikan rantai pasokan energi serta mendukung agenda pembangunan negara dan mendorong kemajuan bisnis yang berkelanjutan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement