Rabu 26 Jul 2023 11:16 WIB

Artis dan Vendor Malaysia Siapkan Gugatan Class Action Terhadap The 1975

Matty Healy kritik pemerintah Malaysia dan undang-undang anti-LGBTQ di atas panggung dan kemudian mencium bassis Ross MacDonald.

Rep: Impresi Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Impresi Republika
.

Instagram/the1975
Instagram/the1975

Gugatan class action sedang disiapkan terhadap The 1975 atas pembatalan Good Vibes Festival di Kuala Lumpur oleh seniman Malaysia dan vendor festival.

Gugatan ini buntut dari vokalis Matty Healy yang mengkritik pemerintah Malaysia dan undang-undang anti-LGBTQ di atas panggung dan kemudian mencium bassis Ross MacDonald selama penampilan utama mereka di Good Vibes Jumat lalu (21 Juli).

Keesokan harinya, sisa festival tiga hari tersebut dibatalkan oleh pihak berwenang dan band tersebut dilarang tampil di negara tersebut. Hingga Selasa, 18 laporan polisi telah diajukan atas insiden tersebut.

Gugatan class action, yang sedang disiapkan oleh firma hukum Malaysia Thomas Philip, akan menyebutkan keempat anggota The 1975 dan meminta kompensasi atas kerugian yang diderita akibat insiden tersebut. Oleh pendiri dan mitra pengelola firma tersebut, Matthew Thomas Philip diberi label " tindakan sembrono yang disengaja dilakukan dengan mengetahui dengan baik [sic] konsekuensinya ”.

“Pandangan saya, The 1975 harus dimintai pertanggung jawaban dan tanggung jawab atas kerugian yang diderita para seniman dan pedagang,” katanya dalam rapat balai kota di kawasan Hartamas, Kuala Lumpur, Selasa (25/7) malam, yang dihadiri 70 orang, terutama terdiri dari seniman, vendor dan anggota media seperti dilansir NME.

Philip pertama kali menawarkan layanan perusahaannya dalam gugatan class action kepada artis lokal yang berusaha "menuntut band The 1975 karena menyebabkan kerugian" di postingan media sosial selama akhir pekan. Pada Selasa malam, lima seniman dan lima vendor ikut serta dalam class action, katanya kepada NME.

Belum diketahui berapa besaran ganti rugi yang akan dituntut oleh gugatan tersebut. Firma yang bertindak pro bono itu mengatakan akan mengumpulkan penggugat gelombang pertama untuk gugatan dalam 7-14 hari dan mengajukan gugatan di Malaysia.

Penyelenggara Good Vibes Festival Future Sound Asia tidak terlibat dalam gugatan class action oleh Thomas Philip, kata seorang perwakilan kepada NME, tetapi “dengan senang hati membantu mereka dengan cara apa pun yang dibutuhkan”.

Philip mengatakan bahwa dia telah menghubungi penyelenggara festival dan mengundang mereka untuk “berdialog”. Ditanya apakah Future Sound Asia bersiap untuk mengambil tindakan hukum sendiri terhadap The 1975 dan/atau Healy, perwakilan tersebut mengatakan perusahaan “sedang menjajaki opsi hukum”.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ مَعَهٗٓ اَشِدَّاۤءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاۤءُ بَيْنَهُمْ تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيْمَاهُمْ فِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ ۗذٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ ۖوَمَثَلُهُمْ فِى الْاِنْجِيْلِۚ كَزَرْعٍ اَخْرَجَ شَطْـَٔهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوٰى عَلٰى سُوْقِهٖ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيْظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗوَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنْهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا ࣖ
Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar.

(QS. Al-Fath ayat 29)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement