Rabu 26 Jul 2023 19:24 WIB

Prabowo Dinilai Punya Kompetensi Hadapi Tantangan Global

Capres Prabowo fokus menunjukkan mampu menghadapi tantangan kompleksitas RI ke depan.

Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertahanan sekaligus capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto berpidato dalam acara Rakernas Apdesi di Universitas Jambi, Kota Jambi, Rabu (26/7/2023).
Foto: Dok Tim Media Prabowo
Menteri Pertahanan sekaligus capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto berpidato dalam acara Rakernas Apdesi di Universitas Jambi, Kota Jambi, Rabu (26/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Figur Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memiliki kompetensi menyongsong Pilpres 2024. Prabowo semakin dapat dukungan kuat lantaran hadirkan kepemimpinan yang teruji sehingga diyakini mampu membawa Indonesia menghadapi tantangan global.

Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan menilai Prabowo merupakan capres yang sangat fokus memperhatikan berbagai tantangan global ke depan. Terlebih di tengah ketidakpastian melanda dunia baik dari sektor keamanan maupun ekonomi.

"Justru itu menunjukkan Pak Prabowo fokus terkait dengan kompleksitas tantangan global ke depan," kata Yusak saat dihubungi di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Dia menjelaskan, saat ini, Prabowo bertekad untuk melanjutkan program hilirisasi yang dicanangkan Presiden Jokowi. Prabowo menganggap, hilirisasi harus dilanjutkan karena program tersebut memberikan dampak yang sangat besar bagi seluruh rakyat Indonesia.

Yusak menambahkan tekad kuat yang diusung Prabowo itu bertujuan untuk menyejahterakan semua lapisan masyarakat. Tujuannya agar kekayaan sumber daya alam yang Indonesia miliki bisa diolah semaksimal mungkin di dalam negeri.

"Kalau Pak Prabowo bicara hilirisasi, Pak Prabowo sedang mem-break down apa terobosan-terobosan penting Indonesia agar lebih berdaulat lagi. Misalnya di sektor energi atau sektor pangan atau di sektor air dan intinya semua bidang yang menyentuh hajat hidup orang banyak, ini yang menjadi fokus Pak Prabowo," kata Yusak.

Karena itu, tidak mengherankan, sampai sekarang nama Prabowo terus digandrungi di semua kalangan masyarakat. Berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023, Prabowo berhasil menduduki peringkat pertama sebagai capres pilihan masyarakat di Pilpres 2024.

Prabowo berhasil mendapatkan perolehan angka sebanyak 35,8 persen. Hal itu diikuti Ganjar Pranowo yang hanya mendapatkan dukungan sebesar 32,2 persen serta Anies Rasyid Baswedan di posisi ketiga dengan hanya mendulang suara 21,4 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement