Senin 31 Jul 2023 14:18 WIB

Jay-Z Buka Kemungkinan Ambil Alih Kepemilikan Tottenham Hotspur

Jay-Z sendiri memiliki Roc Nation Sports.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Beyonce (kiri), Jay-Z, dan David Beckham menyaksikan laga PSG vs Barcelona di Parc des Princes, beberapa waktu lalu.
Foto: Michel Euler/AP Photo
Beyonce (kiri), Jay-Z, dan David Beckham menyaksikan laga PSG vs Barcelona di Parc des Princes, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kasus hukum yang menimpa pengusaha asal Inggris, Joe Lewis, membuka kemungkinan peralihan kepemilikan Tottenham Hotspur. Pasalnya, Lewis diketahui masih menjadi salah satu pemilik klub asal London Utara tersebut via perusahaan ENIC International Ltd, yang memiliki 70 persen saham di Spurs.

Kondisi ini kabarnya siap dimanfaatkan oleh rapper sekaligus pengusaha asal Amerika Serikat, Jay-Z. Musisi yang memiliki nama asli Shawn Carter itu dilaporkan tertarik untuk menjadi salah satu pemilik ataupun melakukan investasi di klub-klub asal Liga Primer Inggris, termasuk Tottenham Hotspur.

Baca Juga

''Saat ini, sejumlah pengusaha asal Amerika Serikat diketahui sudah memiliki klub besar asal Inggris. Jay tentu siap memanfaatkan kesempatan untuk memimpin dewan direksi Spurs,'' kata salah satu kolega bisnis Jay-Z seperti dikutip Daily Mail, Ahad (30/7/2023).

Lewis tersandung kasus hukum usai Pengadilan New York mendakwa pengusaha kelahiran London tersebut melakukan kecurangan, termasuk //insider trading//, saat melakukan kesepakatan bisnis di Amerika Serikat. Dakwaan ini dinilai bisa mempengaruhi Lewis untuk melepas sejumlah aset miliknya, termasuk saham di Spurs.

Di sisi lain, Jay-Z bukanlah wajah baru dalam bisnis olahraga, termasuk sepak bola. Musisi berusia 53 tahun itu diketahui memiliki agensi yang bergerak di bidang olahraga, Roc Nation Sports. Perusahan tersebut sempat melakukan kerjasama strategis dengan Liga Italia pada awal bulan ini.

Tidak hanya itu, Roc Nation Sports juga menjadi perwakilan dari pemain bintang asal Belgia, Romelu Lukaku. Bukan tidak mungkin, Roc Nation Sports bisa melebarkan sayap dan mengakuisi kepemilikan saham Lewis di Spurs. Namun, langkah ini tentu tetap menunggu perkembangan kasus hukum yang membelit Lewis.

''Masih harus dilihat apakah Lewis bakal lolos dari hukuman. Jika tidak, Jay-Z berkata,'dia ingin berada dalam posisi untuk bergerak cepat, apabila harga yang ditawarkan cukup bagus. Dia yakin, hal ini bisa terwujud, terutama dengan dukungan dari investor lain,'' kata rekanan bisnis Jay-Z tersebut.

Jay-Z diketahui memiliki kekayaan hingga mencapai 2,5 miliar dolar AD. Sementara sang istri, yang juga penyanyi pop asal Amerika Serikat, Beyonce Knowles, disebut memiliki kekayaan bersih hingga mencapai 500 juta dolar as. Berdasarkan lansiran Forbes, Spurs disebut memiliki valuasi sebesar 2,8 miliar dolar AS.

Sebelumnya, Jay-Z mengaku tidak menutup kemungkinan untuk bisa mengakuisi kepemilikan klub asal Inggris. Potensi keuntungan dan bisnis yang besar menjadi ketertarikan musisi kelahiran Brooklyn, New York, tersebut. ''Saya adalah pebisnis dan selalu melihat kesempatan. Jika cukup bagus, kenapa tidak,'' kata Jay-z.

Empat klub papan atas Liga Primer Inggris diketahui sudah menjadi milik pengusaha asal Amerika Serikat. Empat pengusaha tersebut adalah Stan Kroenke di Arsenal, John Henry via Fenway Sports Group di Liverpool, Keluarga Glazer di Manchester United, dan Todd Boehly di Chelsea.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement