Rabu 02 Aug 2023 09:05 WIB

In Picture: Indahnya Melihat Fenomena 'Supermoon Sturgeon' di Berbagai Belahan Dunia

Dalam bulan Agsutus ini akan terjadi dua kali bulan purnama.

Red: Tahta Aidilla

Supermoon Sturgeon di atas basilika El Pilar di Zaragoza, Spanyol, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : EPA-EFE/Javier Cebollada)

Supermoon terbit di balik bukit di Pera Chorio Nisou, pinggiran Nicosia, Siprus, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : AP Photo/Petros Karadjias)

Supermoon terbit di atas Colosseum dan Forum Romawi, di Roma, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : AP Photo/Andrew Medichini)

Supermoon pertama bulan Agustus terlihat di Rio de Janeiro, Brasil, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : EPA -EFE/Antonio Lacerda)

Supermoon terbit di belakang kuil kuno Poseidon di Cape Sounion, sekitar 70 kilometer (45 mil) selatan Athena, Yunani, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Supermoon terbit di belakang menara masjid di Beirut, Lebanon, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : AP Photo/Hassan Ammar)

Bulan purnama terbit di belakang Masjid Agung Camlica di Istanbul, Turki, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : EPA-EFE/SEDAT SUNA)

Bulan purnama yang disebut The Sturgeon terlihat melalui Museum of the Future di Teluk emirat Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : EPA-EFE/ALI HAIDER)

Supermoon terbit di atas gedung-gedung distrik perbankan di Frankfurt, Jerman, selasa (1/8/2023). (FOTO : AP Photo/Michael Probst)

Supermoon terbit di atas kastil Schwerin di Schwerin, Jerman, Selasa, (1/8/2023). (FOTO : Jens Büttner/dpa via AP)

Bulan terbit di langit di belakang Kuil Parthenon abad ke-5 SM di bukit Acropolis kuno, di Athena, pada Selasa, (1/8/2023). (FOTO : AP Photo/Petros Giannakouris)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  -- Fenomena bulan purnama super ('supermoon') atau bulan purnama penuh akan terjadi dua kali pada Agustus 2023. Salah satunya akan terjadi pada Selasa, 1 Agustus 2023, dan bisa dilihat langsung dengan mata langsung.

Bulan purnama Agustus dikenal sebagai 'Sturgeon Supermoon' merupakan yang pertama dari dua bulan purnama pada Agustus. Bulan ini akan lebih terang 99 ketika terbit di timur saat senja, berlawanan dengan matahari terbenam.

'Sturgeon Supermoon' ini disebut bakal memiliki ukuran serupa dengan bulan purnama super yang akan terjadi pada 30 Agustus. 

Pada puncaknya, 'supermoon' akan berada di 357.311 kilometer dari pusat Bumi, menjadikannya 'supermoon' terbesar kedua pada 2023. 

sumber : AP Photo - EPA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement