Rabu 09 Aug 2023 17:29 WIB

Barito Putera ke Posisi Kedua Usai Bekuk Dewa United

Gol menit akhir membawa Barito Putera mengalahkan Dewa United 2-1.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
Barito Putera vs Dewa United
Foto: Dok Republika
Barito Putera vs Dewa United

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Barito Putera melonjak ke posisi kedua klasemen sementara BRI Liga 1 selepas memetik kemenangan atas Dewa United. Laskar Antasari berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Dewa United di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (9/8/2023) petang.

Barito Putera mengoleksi nilai 13 dari tujuh laga, kalah perhitungan gol dari Madura United di posisi puncak yang baru memainkan enam pertandingan. Sementara Dewa United berada di posisi keempat klasemen dengan nilai 11.

Baca Juga

Babak pertama dimulai kedua tim bermain dengan tempo tinggi. Barito Putera menyerang lewat tengah, sementara tim tamu mengandalkan sisi sayapnya.

Pada dua menit awal babak pertama tim Barito Putera mendapatkan tendangan bebas yang cukup dekat setelah Makan Konate dilanggar. Tendangan bebas diambil oleh Renan Alves dan mengarah ke gawang Dewa United tetapi masih bisa ditangkap kiper Dewa United Sonny Stevens.

Gol pertama tercipta untuk tim tuan rumah pada menit ke-31 melalui kerja sama satu dua antara Murilo dan Mike Ott yang kemudian ditendang ke arah gawang Sonny Stevens. Bola bisa ditepis, tapi Gustavo Tocantins menyambarnya untuk membawa Barito Putera unggul 1-0.

Gol penyeimbang untuk Dewa United tercipta pada menit ke-40 melalui umpan yang diberikan Alex Fereira kepada Egy Maulana. Tendangan pemain asal Medan dari luar kotak penalti dan tidak bisa dijangkau oleh kiper Barito Putera Ega Rizky. 

Hampir tercipta gol kedua di menit ke-43 untuk Laskar Antasari setelah peluang yang dapat diambil oleh Gustavo Stocantins ditendang keras ke arah gawang Dewa United. Namun Sonny Stevens masih dapat melakukan penyelamatan dengan sangat bagus. Sampai empat menit waktu tambahan babak pertama berakhir, skor tetap imbang 1-1.

Babak kedua dimulai Dewa United menggantikan Asep Berlian yang mendapatkan kartu kuning dengan Ichsan Kurniawan. Kedua tim langsung bermain menyerang berusaha mencetak keunggulannya.

Tiga menit baru berjalan babak kedua tim tuan rumah Barito Putera hampi mencetak gol kedua setelah tendangan bebas dari Renan Alves hampir bisa disundul oleh Murilo. Sayang hakim garis mengangkat bendera pertanda Murilo sudah dalam posisi offside.

Pertengahan babak kedua, Barito Putera bermain dengan lebih dominan menyerang tetapi belum ada serangan yang berarti. Pertahanan dan kiper tim tamu Dewa United masih belum bisa ditembus. Sementara Bagus Kahfi dan Makan Konate ditarik keluar digantikan Rizky Pora dan Eksel Runtukahu. Kartu kuning ketiga diberikan kepada tim tamu Dewa United di menit ke-84 yaitu Majed Osman. 

Barito Putera hampir saja menggandakan kedudukan di menit ke-88 melalui tendangan keras Murilo Mendes dari jarak yang cukup jauh kea rah sisi kanan gawang Sonny Stevens tetapi masih dapat ditangkap.

Gol kedua untuk tim tuan rumah akhirnya tercipta di menit ke-90 setelah terus-menerus menyerang. Gol tercipta melalui pemain pengganti Eksel Runtukahu yang berhasil menyundul bola yang diberikan Rizky Pora. Skor 2-1 mengantarkan Barito ke posisi kedua klasemen sementara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement