Ahad 13 Aug 2023 15:30 WIB

Madrasah Maksimalkan Semua Potensi Manusia

Madrasah Fest adalah olimpiade madrasah se-Indonesia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Ilustrasi Siswa Madrasah
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Siswa Madrasah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebanyak 100 siswa tampil sebagai pemenang pada ajang Festival Madrasah Nasional 2023 yang diumumkan pada Malam Puncak Madrasah Fest 2023 di Hotel Atria Gading Serpong pada Sabtu (12/8/2023)

Madrasah Fest adalah olimpiade madrasah se-Indonesia dalam bidang Alquran, hadis, kitab klasik, dan seni keislaman. Gelaran kali ini adalah yang pertama kali diadakan, hasil kerjasama Direktorat KSKK Madrasah Kemenag dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca Juga

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan, kompetisi ini didesain untuk menajamkan potensi anak madrasah dalam intelektualitas, kecerdasan emosional, kecerdasan fisik, dan kecerdasan spiritual.

"Pendidikan itu pada dasarnya memaksimalkan sisi khas manusia. Maka kompetisi ini sejatinya adalah wadah untuk itu," kata Ramdhani di Tangerang pada Sabtu (12/8/2023)

Ramdhani mengatakan, pendidikan madrasah memiliki tanggung jawab memaksimalkan kecerdasan sains dan spiritual secara maksimal. Mata lomba yang dipertandingkan, mulai hafalan Alquran, pemahaman, debat, baca kitab klasik, desain, dan kaligrafi adalah manifestasi segala potensi yang ada di anak madrasah.

"Saya senang anak didik kami sudah masuk ruang-ruang ini semua. Mereka tidak terlahir hebat tetapi mereka bertumbuh dengan hebat. Acara ini memberikan apresiasi dan memberi suasana kompetisi yang sehat," ujar Ramdhani.

Di antara pemenang Madrasah Fest 2023 adalah Rahmat Ridallah sebagai juara 1 Memorizing Alquran 30 Juz, Muhammad Syahrul Ibad sebagai juara 1 Reading Islamic Turats, Abriel Farih Alfatih sebagai juara 1 Studeny Chef, Panji Dwi Agustian sebagai juara 1 Creative Design Fest, dan Roufian Maulana Ghofari sebagai juara 1 Reciting Holy Qur'an.

Para juara mendapatkan hadiah total Rp 370 juta dan mendapatkan beasiswa tanpa test dari FTIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gelaran Madrasah Fest 2023 ini diikuti 817 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Para peserta terdiri atas 508 Madrasah Aliyah (MA), 227 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 82 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Terdapat total 10 mata lomba utama yaitu, Memorizing Holy Qur’an (hafalan Alquran), Explaining Holy Qur’an (pemahaman Alquran), Memorizing Hadith (hafalan hadis), Reading Islamic Turats (membaca kitab klasik), dan Islamic Issues Debate Contest (debat keislaman). Lima kompetisi ini digelar secara daring dan finalnya digelar secara luring.

Kemudian ada Reciting Holy Qur’an (tilawah Alquran), Voice of Arabic (bahasa Arab), Student Chef (memasak), Calligraphy Fest (seni kaligrafi), dan Creative Design Fest (festival desain).

Untuk lima lomba utama, babak penyisihan digelar secara online pada 24-27 Juli 2023. Selanjutnya, babak final digelar offline mulai Kamis-Sabtu, 10-12 Agustus 2023 bertempat di Hotel Atria Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Madrasah Fest 2023 dilaksanakan dalam rangka membumikan nilai-nilai keagamaan pada siswa madrasah. Di era digital yang disruptif, Kemenag berupaya menjaga keilmuan keagamaan Islam yang saat ini eksis bersama ilmu sains dan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement