Ahad 20 Aug 2023 11:10 WIB

Cara Tahu Nomor Whatsapp Diblokir oleh Pengguna Lain, Ini Langkahnya

Ada tanda-tanda apabila pengguna WhatsApp lain telah memblokir kita.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ketika pengguna memblokir pengguna lain, tidak akan ada pemberitahuan dari WhatsApp bahwa akun tersebut telah diblokir.
Foto: Unsplash
Ketika pengguna memblokir pengguna lain, tidak akan ada pemberitahuan dari WhatsApp bahwa akun tersebut telah diblokir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika salah satu teman cukup lama tidak terdengar kabarnya via Whatsapp, bisa saja timbul kecurigaan bahwa nomor kita telah diblokir. Meski tidak selalu demikian, tak ada salahnya mengetahui tanda-tanda apabila pengguna Whatsapp lain telah memblokir kita.

Sebenarnya, fitur blokir di Whatsapp bisa sangat membantu. Itu akan menyetop akses nomor tertentu yang mengganggu atau mencurigakan tidak bisa menjangkau kita di Whatsapp. Meski merupakan alat keamanan yang penting, ada juga sisi lain dari fitur ini.

Baca Juga

Bagi orang yang sebelumnya memang terlibat dalam sebuah relasi, entah itu pertemanan, pekerjaan, atau percintaan, mengetahui bahwa kita telah diblokir tentu tidak nyaman, bahkan menyakitkan. Terutama, jika kita tidak pernah tahu apa penyebabnya.

Dikutip dari laman Mirror, Ahad (20/8/2023), Whatsapp tidak akan memberi tahu pengguna tentang siapa saja yang memblokirnya. Ketika pengguna memblokir pengguna lain, tidak akan ada pemberitahuan dari WhatsApp bahwa akun tersebut telah diblokir. 

Ini memberikan sejumlah ambiguitas tentang apakah seseorang benar-benar memblokir akun Anda atau tidak. Sebab, bisa jadi dia hanya sedang tidak aktif di Whatsapp dan beralih ke aplikasi perpesanan terenkripsi lainnya, seperti Signal atau Telegram. 

Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk mengetahui apakah pengguna lain memblokir nomor Anda atau tidak. Tanda pertama jika akun diblokir di Whatsapp adalah tak bisa melakukan panggilan. Menelepon seseorang yang telah memblokir Anda tidak akan berhasil.

Tanda lain, status 'terakhir dilihat' atau 'online' hilang. Dalam kebanyakan kasus, pengguna dapat melihat apakah kontak lain sedang online atau kapan status 'terakhir dilihat'. Jika kontak itu telah memblokir, kemungkinan keduanya hilang. Namun, ini bukan satu-satunya penanda.

Sebab pengguna dapat mengubah pengaturan privasi untuk menyembunyikan informasi tersebut dari pengguna lain untuk beberapa alasan. Berikutnya, tanda orang lain memblokir Anda adalah gambar profilnya hilang atau tidak kunjung berubah dalam jangka waktu lama.

Adapun tanda paling kentara adalah pesan yang Anda kirimkan kepadanya tidak terkirim dalam waktu lama dan hanya menampilkan satu tanda centang. Ini bisa juga terjadi ketika seseorang mematikan ponsel atau tidak ada sinyal seluler, tapi biasanya tidak dalam waktu lama.

Jika hanya ada salah satu dari deretan tanda itu yang terlihat, mungkin saja itu hanya efek dari pengaturan privasi atau masalah teknis. Berbeda halnya apabila semua tanda tadi terdeteksi, yang bisa menjadi tanda bahwa nomor telah diblokir.

WhatsApp juga menyebutkan sejumlah tanda itu dalam sebuah unggahan blog. Namun, tetap ada kemungkinan lain. "Kami sengaja membuatnya ambigu untuk melindungi privasi Anda saat Anda memblokir seseorang. Jadi, kami tidak dapat memberi tahu jika Anda diblokir oleh orang lain," kata WhatsApp.

Informasi lain, jika seseorang tergabung dalam obrolan grup yang sama dengan kontak yang diblokir, pengguna yang diblokir itu masih dapat melihat pesan Anda dan berinteraksi dengan Anda di sana. Jadi, memblokir juga bukan cara total menjauhkan kontak itu dari kotak masuk Whatsapp.

Selain itu, orang yang diblokir masih dapat menghubungi lewat platform lain, termasuk panggilan telepon dan pesan biasa di ponsel. Kecuali, apabila nomor itu juga diblokir dari melakukan panggilan telepon biasa atau mengirim SMS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement