Kamis 24 Aug 2023 17:51 WIB

BEM UI Gelar Debat Capres, Bawaslu: Jangan Ada Atribut Partai! 

Bawaslu mengingatkan jangan ada atribut partai dalam acara debat capres BEM UI.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Komisioner Bawaslu RI Puadi. Bawaslu mengingatkan jangan ada atribut partai dalam acara debat capres BEM UI.
Foto: Dok Bawaslu
Komisioner Bawaslu RI Puadi. Bawaslu mengingatkan jangan ada atribut partai dalam acara debat capres BEM UI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengingatkan agar jangan sampai ada atribut partai politik dalam acara debat yang diikuti orang yang digadang-gadang bakal menjadi calon presiden (capres) Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Debat tersebut diketahui akan digelar oleh Bandan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) pada September 2023. 

Komisioner Bawaslu RI Puadi awalnya mengatakan bahwa acara debat atau adu gagasan tentang ke-Indonesia-an di kampus dengan mengundang orang-orang yang digadang-gadang akan menjadi capres tidak melanggar ketentuan pemilu. Sebab, kegiatan tersebut tidak masuk kategori kampanye karena masa kampanye baru akan dimulai pada 28 November 2023. 

Baca Juga

Selain itu, kata dia, kini belum ada calon presiden dan wakil presiden yang sudah ditetapkan oleh KPU RI. Bahkan, tahapan pendaftaran capres belum dimulai. Lagi pula, orang-orang yang kini digadang-gadang bakal menjadi capres itu belum tentu menjadi capres secara resmi karena bisa saja ada yang meninggal atau tidak mendapatkan dukungan partai politik. 

"Jadi, kalau saat ini ada pihak yang mau mengadakan debat dengan mengundang orang-orang yg digadang-gadang menjadi capres atau wacapres, silakan saja," kata Puadi ketika dihubungi wartawan dari Jakarta, Kamis (24/8/2023).