Sabtu 26 Aug 2023 23:50 WIB

Gus-Gus Nusantara 'Ngaji Bareng' Lintas Komunitas, dari Mobil hingga Pecinta Hewan

Semu tampak kompak dalam kegiatan ini.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi Mengaji.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Mengaji.

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Kelompok Gus-Gus Nusantara (GGN) mengadakan kegiatan yang menarik dan bermakna, yaitu 'Ngaji Bareng' lintas komunitas di Ponpes Darunnajah Ngadirogo, Desa Podorejo, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.  Dalam kegiatan bertajuk 'Merawat Keberagaman, Menjaga Persatuan' ini, GGN mengajak berbagai kalangan untuk saling menghormati perbedaan dan bersatu demi tujuan yang sama, yaitu menjaga kerukunan di tengah masyarakat yang beragam.

Koordinator kelompok relawan Ganjar ini, M. Alwy Hasan mengungkapkan sejumlah komunitas di Tulungagung yang hadir diantaranya komunitas mobil dari Family Civic Tulungagung (FCT), komunitas pecinta motor, komunitas pecinta hewan, komunitas ikan hias dan beragam komunitas lainnya. 

Baca Juga

"Alhamdulillah, antusiasme komunitas-komunitas di Tulungagung ini antara lain Civic, Nmax, pecinta hewan, komunitas ikan hias, dan sebagainya, mereka sangat bahagia sekali," kata Gus Alwy seperti dinukil pada Sabtu (26/8/2023). 

Gus Alwi mengatakan, Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman budaya, suku, dan agama, dan ini harus dihargai serta diperlakukan sebagai sumber kekuatan dalam memajukan bangsa. "Yang dibahas tentang kebudayaan, keberagamaan suku, bangsa dan bahasa, karena perbedaan adalah modal awal untuk menjalin persatuan," ujarnya. 

"Antarkomunitas ini sengaja kami pertemukan supaya mereka saling mengenal satu dengan yang lain, dan kebetulan dari komunitas yang hadir ini pecinta Ganjar," kata dia menambahkan. 

Pembahasan dalam pertemuan ini tentang nilai-nilai keindonesiaan dan keislamaan, serta implementasinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam merawat persatuan dan perdamaian di tengah dinamika sosial yang terus berkembang. 

Para komunitas dengan antusias mendengarkan, berdiskusi, dan berbagi pandangan dalam dialog dengan dengan narasumber Kiai Hasan Bashori sebagai pengasuh Ponpes Al Falah Puthon, Blitar. 

Mereka juga turut memotong tumpeng bareng sebagai wujud rasa syukur atas kebersamaan yang terjalin antar komunitas. 

Salah satu komunitas, Andri sebagai Ketua Family Civic Tulungagung (FCT), mengatakan apresiasi atas inisiasi yang dilakukan oleh GGN dalam mempererat persaudaraan demi kebermanfaatan bersama di wilayah Tulungagung. 

"Anak-anak sangat senang dan untuk acara ini banyak yang datang, dan berbaur dengan komunitas lain, sangat senang sekali. Kami tadi membahas keislaman, ngaji bareng membahas beragam perbedaan," ucapnya. 

Hal senada juga disampaikan Pengasuh Ponpes Darunnajah Ngadirogo, Gus Agus Fanani Maknun. Menurut dia, acara ini bisa menumbuhkan semangat kebersamaan antarkomunitas yang bisa membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera. 

"Semoga dengan ngaji seperti ini bisa menyambung tali silaturahmi, sehingga kedepannya bisa bahu membahu, bisa tolong menolong antar komunitas ke komunitas lain," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement