Jumat 08 Sep 2023 09:36 WIB

Bung Kus: RRI Cup U-16 Bantu Kembangkan Sepak bola Usia Muda

Ada 97 tim dari delapan daerah yang terlibat.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Tim juara Radio Republik Indonesia (RRI) menggelar turnamen sepak U-16.
Foto: Dok. Web
Tim juara Radio Republik Indonesia (RRI) menggelar turnamen sepak U-16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi sepak bola usia muda saat ini masih terbilang minim di Indonesia. Untuk itu saat ini PSSI mencari pemain untuk Timnas Indonesia U-17, PSSI harus menggelar seleksi di sejumlah daerah. Idealnya materi pemain dipilih dari ajang kompetisi.

Dalam rangka mengembangkan sepak bola usia muda Radio Republik Indonesia (RRI) menggelar turnamen sepak U-16. Menurut inisiator acara yang juga Dewan Pengawas RRI, Mohamad Kusnaeni ajang ini digelar selain memperingati HUT Radio termasuk HUT ke-78 RRI juga untuk mengembangkan sepak bola usia muda.

Baca Juga

"Sebagai lembaga penyiaran publik, kita berkewajiban menjadi wadah informasi pendidikan dan hiburan. Selain memenuhi kebutuhan pengayaan konten lewat bermacam platform. Kita juga harus mendekatkan dengan audiens dengan membuat kegiatan. Salah satunya Turnamen sepak bola U-16 ini,"  ujar Bung Kus sapaan akrab Mohamad Kusnaeni.

Bung Kus yang juga pengamat sepak bola ketika ditemui di Pancoran Soccer Field, Jakarta, Kamis (7/9/2023) menambahkan walau bukan ahlinya, kita berharap selain menambah audiens kita juga membantu Pak Erick Thohir membantu pengembangan sepak bola usia muda. Kita mulai dari yang kecil-kecil. Supaya sepak bola usia muda kita berkembang lagi."

Ini pertama kali pihaknya memuat di delapan daerah. "Ada 97 tim dari delapan daerah (Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja dan Bali) yang ikut artinya ada sekitar 2000 pemain muda yang ambil bagian. Untuk putaran final ada delapan tim. Coach Indra Sjafri juga sempat memantau ajang ini," ujar Bung Kus saat menjawab pertanyaan Republika.co.id.

Sementara itu Bogor City keluar menjadi juara RRI Cup  U-16 Tahun 2023 yang digelar di Pancoran Soccer Field, Jakarta, Kamis  (7/9/2023). Bogor City menjadi juara setelah di final mengalahkan Cisauk FC dengan skor 3-0. Ketiga gol Bogor City dicetak pemainnya, Malik, Striven, dan Gilang. 

Pelatih Bogor City Fredo Yuwanto mengapresiasi dengan kemenangan yang diraih tim asuhannya. Hal itu karena pemainnya menjalankan instruksinya dengan baik. "Anak-anak bermain luar biasa menghadapi tekanan pertandingan yang super capai. Karena hari ini kita menjalani dua pertandingan," kata Fredo. 

Atas raihan ini Bogor  City mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 6.000.000. Sedangkan Cisauk FC mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 4. 000.000.

Selanjutnya, Juara  3  diraih PSF Academy dengan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000 dan juara 4 diraih KSM Panongan dengan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp2. 500.000.

Direktur Utama RRI Hendrasmo menyampaikan rasa terima kasihnya atas suksesnya ajang RRI Cup U-16 Tahun 2023. "Terima kasih kepada Dewas, Satker, pembina dan para pemain dari klub sepak bola. Akhirnya, seluruh pertandingan telah sukses dimainkan," kata Hendrasmo. 

Ia berharap ajang RRI Cup dapat digelar di tahun mendatang dan dapat dilangsungkan saat Hari Ulang Tahun RRI. "Kami berharap ini bisa jadi kegiatan rutin," kata Hendrasmo. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement