Selasa 19 Sep 2023 02:52 WIB

Begini Cara Kelola Notifikasi Ponsel Android dengan Lebih Rapi

Penanganan notifikasi di Android jauh lebih baik dibandingkan kompetitornya, iOS.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu fitur terbaik Android 13 adalah mengharuskan pengguna menyetujui pengiriman notifikasi per aplikasi./llustrasi
Foto: Hardware zone
Salah satu fitur terbaik Android 13 adalah mengharuskan pengguna menyetujui pengiriman notifikasi per aplikasi./llustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bukan rahasia lagi bahwa penanganan notifikasi di Android jauh lebih baik dibandingkan kompetitornya, iOS. Namun tidak masalah seberapa baik ponsel Android yang dimiliki, menangani notifikasi yang membombardir sampai ratusan sepanjang hari, tentu akan membuat pusing.

Pemberitahuan yang berlebihan adalah hal yang nyata karena aplikasi berebut perhatian penggunanya. Tetapi Android hadir dengan cara bawaannya untuk menyesuaikan notifikasi sesuai keinginan pengguna. Dilansir Android Police, Senin (18/9/2023), berikut langkah-langkah untuk mengelola notifikasi yang rapi demi ketenangan pikiran.

Baca Juga

1. Matikan notifikasi aplikasi

Pengguna tidak perlu menerima notifikasi dari semua aplikasi yang terpasang di ponsel. Salah satu fitur terbaik Android 13 adalah mengharuskan pengguna menyetujui pengiriman notifikasi per aplikasi. Perubahan ini akan diterapkan mulai pertengahan hingga akhir 2023.