Kamis 21 Sep 2023 19:02 WIB

Urutan Film Conjuring Universe Berdasarkan Urutan Waktu Agar Penonton Lebih Paham Kisahnya

Berikut ini urutan film Conjuring Universe agar penonton lebih memahami kisahnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film The Conjuring 2. Jika ingin lebih memahami kisah di Conjuring Universe, penonton bisa menyaksikannnya berdasarkan urutan waktu.
Foto: Warner Bros Pictures.
Salah satu adegan dalam film The Conjuring 2. Jika ingin lebih memahami kisah di Conjuring Universe, penonton bisa menyaksikannnya berdasarkan urutan waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan keseraman baik di dalam maupun di luar layar, film horor The Conjuring menjadi sukses besar dan meraup lebih dari 320 juta dolar Amerika Serikat (AS) di box office global. Sejak itu, film ini telah melahirkan banyak sekuel dan spin-off, termasuk Annabelle pada 2014 dan The Nun pada 2018.

Dilansir laman People, Rabu (20/9/2023), film-film tersebut membentuk alam semesta The Conjuring. Film terbaru dalam waralaba ini, The Nun II, tayang di bioskop pada 8 September 2023, dan menampilkan saudara perempuan Vera Farmiga dan Taissa Farmiga mengulangi peran mereka masing-masing sebagai Lorraine Warren dan Suster Irene.

Baca Juga

Film lain juga sedang dikerjakan, yang akan menjadi sekuel langsung ketiga dari The Conjuring. Apakah kamu siap terjun ke dunia Conjuring? Berikut cara menonton kesembilan film dalam waralaba tersebut dalam urutan kronologis agar lebih memahami alur ceritanya:

1. The Nun 

photo
Salah satu adegan di film The Nun. - (dok. Warner Bros)

 

Meski dirilis lima tahun setelah The Conjuring, The Nun tahun 2018 menjadi film paling awal jika menonton serialnya secara kronologis. Berlatar di Rumania sekitar tahun 1952, film ini berpusat pada biarawati iblis Valak (Bonnie Aarons), yang mengintai di lorong-lorong sebuah biara terpencil. Iblis yang lebih dikenal oleh penggemar sebagai The Nun pertama kali muncul di The Conjuring 2 (2016) sebagai antagonis utama dan sempat muncul di Annabelle Creation (2017). 

2. Annabelle: Creation

photo
Annabelle: Creation - (dok New Line Cinema)

 

Pada 2017, Annabelle menerima prekuelnya sendiri yang sebagian besar terjadi pada tahun 1955. Ini menjadikannya judul kedua dari urutan kisahnya berdasarkan latar waktu. Annabelle: Creation merinci bagaimana boneka terkenal itu menjadi kerasukan dan mengikuti sekelompok gadis yatim piatu yang secara tidak sengaja melepaskan kejahatan kuno dan kemudian dipaksa berjuang untuk hidup mereka. 

3. The Nun II

photo
Salah satu adegan di film The Nun II. - (dok. Warner Bros)

 

Berlatar empat tahun setelah film The Nun, The Nun II bercerita tentang Dia sekarang mengajar di sebuah sekolah berasrama di Prancis. Namun, Valak menemukannya lagi, dan Irene harus melindungi murid-muridnya. 

4. Annabelle 

photo
Annabelle - (Dailymotion).

 

Dirilis hanya satu tahun setelah film Conjuring pertama, Annabelle adalah sebuah spin-off dan semacam prekuel. Di awal The Conjuring, keluarga Warren terlihat memberikan presentasi tentang boneka tersebut (dalam kehidupan nyata, boneka Annabelle disimpan di museum paranormal Warren). 

Film tahun 2014 ini memberikan latar belakang yang lebih dalam, menunjukkan bahwa pada tahun 1967, Annabelle menyiksa pasangan dan putri mereka yang baru lahir. Annabelle menjadi hit dan mengeluarkan prekuel dan sekuelnya sendiri. 

 

Didasarkan pada kisah nyata...lanjutkan membaca>> 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement