Rabu 04 Oct 2023 13:00 WIB

Respons Hasil Survei, Ridwan Kamil Nyatakan Siap Jadi Cawapres

Peta politik masih akan terus berubah dan dinamikanya sangat dinamis.  

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Mantan gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan siap jadi cawapres.
Foto: Republika.co.id
Mantan gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan siap jadi cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons hasil survei Indikator Politik Indonesia. Pria yang akrab disapa RK itu menyatakan, dirinya siap jika memang ada panggilan takdir untuk maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden tahun depan, baik dalam kapasitas kader partai politik maupun sebagai pribadi.

”Jika ada panggilan takdir untuk maju, intinya saya harus siap. Apakah dalam kapasitas ditugaskan sebagai kader partai ataupun harus siap jika dipanggil sebagai kapasitas pribadi. Apapun demi negara tentunya kita harus siap,” ujar RK menanggapi pertanyaan wartawan, Rabu (4/10/2023).

RK meyakini, hasil survei tersebut tidak muncul begitu saja. Menurut pria yang pernah bertugas sebagai wali kota Bandung itu, hasil survei yang menempatkannya sebagai calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi merupakan akumulasi kerja kerasnya selama mengabdi kepada masyarakat. “Hasil survei itu aspirasi dan harapan masyarakat,” kata dia. 

Pada hasil survei Indikator Politik Indonesia, RK juga dinilai sebagai cawapres yang paling pas untuk mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Dia mengatakan, RK punya latar belakang yang sama dengan Ganjar, yakni sama-sama pernah menjabat sebagai gubernur dan merupakan sahabat yang baik.