Kamis 05 Oct 2023 09:15 WIB

Kisah Perjuangan Kuliah Mahasiswa Berprestasi Prodi Sains Data UNM

Selama kuliah di UNM, William juara 2nd Runner Up Internet of Things

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Selama kuliah di UNM, William pernah menjadi juara 2nd Runner Up Internet of Things
Foto: Dok UNM
Selama kuliah di UNM, William pernah menjadi juara 2nd Runner Up Internet of Things

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- William Hans Natanael Tambunan merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, yang lahir di Jakarta, 30 Oktober 2000. Lahir di keluarga sederhana, tak membuat semangatnya untuk berkuliah menurun.

William, sapaan akrabnya, dibesarkan dalam keluarga yang penuh kasih sayang, tumbuh dan besar dalam didikan keluar yang kental dengan budaya Batak.

Sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), William sudah aktif dalam berbagai organisasi kesiswaan, seperti OSIS, LDK dan pelatihan lainnya. Hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), ia masih aktif dalam berorganisasi sampai akhirnya ia mengikuti berbagai ujian saringan masuk perguruan tinggi melalui pendaftaran SBMPTN, seleksi ujian mandiri PTN.

Namun, ia gagal dalam ujian ini, lalu tak patah arang dengan mendaftar mengikuti ujian seleksi POLTEKIM (Politeknik Imigrasi) yang akhirnya lolos menjadi taruna Politeknik Imigrasi.

“Puji Tuhan, akhirnya saya menjadi taruna Politeknik Imigrasi setelah berjuang ikut SBMPTN gagal akhirnya saya lolos sebagai taruna,” ungkapnya dalam cerita rilis yang diterima, Senin (2/10).

Akan tetapi, ujarnya menyampaikan kembali dalam cerita, di tengah aktivitas sebagai taruna saya jalani dengan penuh kedisiplinan, ada momen yang memaksa saya diberhentikan dengan hormat oleh petinggi Politeknik Imigrasi.

“Tentu menerima keputusan ini, saya sedih dan terpukul. Namun, kesedihan ini tak berlangsung lama, saya mulai bangkit dan menata kembali masa depan dengan mencari informasi terkait issue terkini yang menjadi trend,” ceritanya.

Hingga akhirnya, kata William, menemukan informasi terkait data sains yang menjadi trend saat ini di banyak perusahaan. Dan saya putuskan untuk kembali kuliah dengan jurusan Sains Data, saya mulai mencari informasi perguruan tinggi yang menyediakan prodi Sains Data.

“Pada akhirnya saya menemukan Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang membuka prodi Sains Data dan lokasi kampusnya dekat dengan tempat tinggal saya, maka tak menunggu lama saya langsung mendaftar kuliah di UNM mengambil jurusan Sains Data,” tuturnya.

Ia terus giat mengasah potensi dirinya, sampai berhasil meraih beberapa prestasi selama berkuliah.

“Puji Tuhan, selama menjadi Mahasiswa di UNM, saya sudah mendapatkan juara 2nd Runner Up Internet of Things yang diselenggarakan oleh Nantong Vocational University of China dan International Cultural Communication Center (Malaysia), Finalist of Edsen Day x Hackathon yang diselenggarakan oleh Edsen Consulting, Juara 2 Lomba Essay Nasional yang diselenggarakan oleh STIKES RS HUSADA,” bebernya.

Tak sampai di situ, ujarnya, William selalu ingin mencoba berbagai hal. Bahkan ia terpilih sebagai Mahasiswa PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) Dalam Negeri ke Universitas Negeri Medan.

“Lalu selama saya melaksanakan PMM di Universitas Negeri Medan, saya pun lolos sebagai 10 proposal terbaik dalam Business Plan Competition yang diselenggarakan oleh HMJA UNIBA Surakarta,” ujarnya.

“Di kampus UNM inilah saya punya mimpi dan cita-cita setelah sebelumnya berbagai kegagalan saya terima, ternyata kuliah di prodi sains data menyenangkan dan relate dengan issue data digital saat ini, menjadi seorang data scientist, data analyst dan big data menjadi passion saya, sebab Jadi Sarjana..? Nusa Mandiri tempatnya,” ungkap William.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement