Jumat 06 Oct 2023 15:48 WIB

BTN Sabet Penghargaan The Asian Experience Awards 2023

BTN diganjar penghargaan Indonesia Service Experience of the Year

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih dua penghargaan dari The Asian Business Review dalam ajang The Asian Experience Awards 2023 di Singapura. BTN meraih dua penghargaan pada ketegori Indonesia Service Experience of the Year dan Indonesia Partner Experience of the Year.
Foto: dok Bank BTN
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih dua penghargaan dari The Asian Business Review dalam ajang The Asian Experience Awards 2023 di Singapura. BTN meraih dua penghargaan pada ketegori Indonesia Service Experience of the Year dan Indonesia Partner Experience of the Year.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih dua penghargaan dari The Asian Business Review dalam ajang The Asian Experience Awards 2023 di Singapura. BTN meraih dua penghargaan pada ketegori Indonesia Service Experience of the Year dan Indonesia Partner Experience of the Year.

Direktur Institutional Banking BTN Hakim Putratama menuturkan, BTN mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh The Asian Business Review dalam ajang The Asian Experience Awards 2023. Penghargaan ini membuktikan upaya BTN dalam meningkatkan kinerja dan proses bisnis telah diakui oleh lembaga internasional.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan kerja bersama seluruh BTNers dan menjadi penyemangat bagi BTN untuk memberikan kinerja lebih baik lagi,” ujar Hakim berdasarkan pernyataan tertulis, Jumat (6/10/2023).

The Asian Business Review mengganjar BTN dengan penghargaan Indonesia Service Experience of the Year dikarenakan berhasil melakukan transformasi pada layanan kredit. 

Sedangkan penghargaan Indonesia Partner Experience of the Year diberikan kepada BTN dikarenakan perseroan berhasil melakukan transformasi yang memudahkan nasabah bertransaksi melalui pendekatan ekosistem perumahan atau digital mortgage ecosystem.

Hakim menjelaskan, dua penghargaan dari The Asian Business Review ini menambah kepercayaan diri perseroan dalam mewujudkan visi menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025. 

“Berbagai penghargaan internasional yang BTN raih menandakan transformasi yang kami lakukan sudah on the track. Prestasi ini juga untuk mendukung implementasi terwujudkan visi BTN menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025,” katanya.

Menurut Hakim, BTN sebagai bank yang fokus pada pembiayaan perumahan terus melakukan transformasi untuk mendorong peningkatan kinerja. Dalam sisi layanan pembiayaan atau penyaluran kredit, BTN telah melakukan transformasi dengan melakukan sentralisasi proses kredit konsumer dan komersial. 

“Sentralisasi Proses Kredit Konsumer kami lakukan dengan membentuk 10 Regional Loan Processing Center (RLPC) dan Sentralisasi Proses Kredit Komersial kami lakukan dengan membentuk enam commercial banking center (CBC),” katanya.

Sedangkan dalam sisi layanan wholesale dan retail funding, Hakim melanjutkan, BTN memiliki kemampuan untuk membantu transaksi dari nasabahnya yang berkaitan dengan ekosistem perumahan.  

“Tahun 2023 BTN mulai melakukan akuisisi dengan melakukan pendekatan ekosistem perumahan seperti industri healthcare dan education. Sampai dengan Agustus 2023 BTN berhasil meningkatkan fee based income wholesale banking lebih dari 283 persen dengan menerapkan pendekatan ekosistem perumahan,” ujarnya.

Menurut Hakim, BTN dengan bisnis utamanya pembiayaan perumahan mampu bertransformasi dalam dua tahun terakhir menjadi bank transaksional, sehingga debitur yang terkait dengan ekosistem perumahan dapat lebih nyaman menggunakan BTN dalam bertransaksi. 

“Terbukti dengan peningkatan number of account dan fee based income. Dengan bertransaksi di Bank BTN maka mitigasi risiko terhadap penggunaan dana kredit dapat lebih terjaga,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement