Rabu 11 Oct 2023 08:34 WIB

Mantan Asisten Pelatih MU Nilai Varane dan Casemiro tak Bisa Tangani Kecepatan di Inggris

Meulensteen menilai Casemiro dan Varane kepayahan mengikuti tempo di Liga Inggris.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Gelandang Manchester United Casemiro
Foto: AP Photo/Jon Super
Gelandang Manchester United Casemiro

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan asisten pelatih Manchester United (MU) Rene Meulensteen menilai Raphael Varane dan Casemiro tidak dapat bersaing di Liga Primer Inggris. Keduanya telah kehilangan kemampuan fisik untuk bermain di kompetisi yang pertandingannya disebut-sebut berjalan dengan tempo lebih cepat dibandingkan liga-liga top Eropa lainnya.

"MU mempunyai kekurangan tertentu. Varane misalnya tak bisa mengendalikan kecepatannya. Liga Inggris itu dinamis, semuanya berjalan dengan kecepatan dan itu masalah besar di lini tengah," kata Rene Meulensteen kepada ESPN, dilansir dari Daily Mail, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

Setan Merah mengalami awal musim yang sulit setelah menelan enam kekalahan dari 11 pertandingan yang telah dimainkan di semua ajang. Alhasil, itu menimbulkan tekanan terhadap posisi Erik ten Hag.

Meulensteen yang pernah bekerja di bawah Sir Alex Ferguson dari 2007 hingga 2013 menilai Varane dan Casemiro sebagai dua penggawa yang sedang mengalami kesulitan. Ia tidak yakin keduanya mampu meningkatkan fisik mereka di kasta tertinggi Liga Inggris.

"Ten Hag memberikan banyak tekanan, dengan banyak intensitas. Sama seperti di Ajax. Namun ia tak memiliki kualitas seperti itu. Pemain tak memiliki mentalitas untuk terus menekan," kata Meulensteen.

"Casemiro, misalnya, sama sekali tidak bisa mengatasinya. Ten Hag memiliki keyakinan tertentu tentang bagaimana ia ingin bermain. Namun ia harus menemukan cara untuk mencapainya."

Varane melewatkan kemenangan dramatis Setan Merah 2-1 atas Brentford pada akhir pekan kemarin karena cedera. Ia telah mengalami beberapa penurunan kebugaran sejak didatangkan dari Real Madrid pada 2021.

Pesepak bola asal Prancis sejatinya berhasil tampil mengesankan pada musim perdananya di Stadion Old Trafford, tetapi performanya anjlok memasuki musim 2023/2024.

Meulensteen merasa Ten Hag sekarang memiliki skuad yang diinginkan olehnya setelah menghabiskan banyak uang selama dua musim. Ia berharap Ten Hag bisa mengambil tanggung jawab atas masalah yang dihadapi di tim asal kota pelabuhan tersebut.

"Dia telah mendatangkan semua pemain dan tidak bisa mengatakan bahwa dia tidak didukung. Tanggung jawab para pemain yang kini berada di lapangan sepenuhnya ada di tangan Erik," kata Meulensteen.

MU sementara berada di peringkat 10 dengan nilai 12 dari delapan partai yang telah dimainkan berkat empat kemenangan dan empat kekalahan

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement