Ahad 22 Oct 2023 07:55 WIB

Situasi Terkini RSPAD Gatot Soebroto Jelang Tes Kesehatan Ganjar-Mahfud

RSPAD Gatot Soebroto mengerahkan 50 dokter untuk melakukan tes kesehatan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letjen dr Budi Sulistiya memberikan penjelasan terkait medical check up pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).
Foto: Republika/ ALI MANSUR
Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letjen dr Budi Sulistiya memberikan penjelasan terkait medical check up pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Tes kesehatan itu sendiri menjadi bagian dari syarat untuk mengikuti Pilpres 2024.

Pertama kali datang ke RSPAD Gatot Soebroto adalah Mahfud berbaju batik pada sekira pukul 07.00 WIB. Ia ditemani oleh Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa. Selang beberapa menit kemudian, Ganjar datang mengenakan kaus berwarna putih ditemani oleh istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti.

Baca Juga

RSPAD Gatot Soebroto sendiri mengerahkan sebanyak 50 dokter untuk melakukan tes kesehatan atau medical check up calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. Puluhan dokter tersebut dilibatkan dalam struktur panitia yang menangani medical check up para bakal calon.

"Kurang lebih sekitar 50 orang dokter baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan," ujar Kepala RSPAD Gatot Soebrato, Letnan dr Budi Sulistya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Ahad (22/10/2023).

Pada hari pertama, RSPAD melaksanakan medical check up pasangan calon (paslon) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Disebutnya tes kesehatan terhadal keduanya akan berlangsung selama kurang lebih 10 jam. Namun lama atau tidaknya pemeriksaan, kata Budi, tergantung bagaimana pasien mengikuti aturan yang ada saja.

"Bakal capres dan bakal cawapres harus sehat jasmani, sehat rohani dan bebas dari narkoba. Adapun tim dokter yang melakukan pemeriksaan, kami juga selain dari RSPAD juga dari kolegium terkait, dalam hal ini kami sudah bersurat kepada Menkes dan telah memperoleh jawaban dari semua kolegium yang diperlukan untuk menjadi tim pemeriksa pada hari ini," tegas Budi.

Dalam kesempatan itu, Budi menjelaskan, bahwa tes kesehatan atau medical check up yang dilakukan RSPAD Gatot Soebroto merupakan amanah atau mandat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia menegaskan pemeriksaan terhadap para paslon dilakukan secara profesional dan independen.

"Prinsip dari pemeriksaan, yakni melaksanakan profesionalisme, independensi, dan pemeriksaan yang dapat dipercaya. Ini menjadi hal yang sangat basic dan sangat prinsip dan rutin kami laksanakan di RSPAD Gatot Soebroto,” tutur Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement