Selasa 24 Oct 2023 16:19 WIB

Fans BTS di Indonesia Salurkan Donasi Rp 1 Miliar untuk Palestina

Army Indonesia menyalurkan bantuan untuk Palestina melalui Human Initiative di Gaza.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. Penggemat BTS (Army) di Indonesia menggalang donasi untuk Palestina. Donasi yang terkumpul lebih dari Rp 1 miliar.
Foto: EPA
Grup K-pop BTS. Penggemat BTS (Army) di Indonesia menggalang donasi untuk Palestina. Donasi yang terkumpul lebih dari Rp 1 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fans BTS (Army) dari Indonesia telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina. Saat ini, banyak warga Palestina yang menderita akibat terdampak konflik dengan Israel. 

Pada Senin (23/10/2023), BTS Army Indonesia lewat akun Instagram @army_indonesiaa menyampaikan laporan donasi tersebut. Total dana yang berhasil dihimpun melebihi Rp 1 miliar, tepatnya sebesar Rp 1.020.561.414.

Baca Juga

Penghimpunan dana dilakukan selama 18-20 Oktober 2023, lantas penyaluran dilakukan 22-31 Oktober 2023 melalui dua mitra lokal Human Initiative di Gaza. Penyaluran bantuan berupa makanan dan obat-obatan terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar Rp 412 juta, dan tahap kedua sejumlah Rp 608.561.414.

Dalam pernyataan resminya, BTS Army Indonesia menyebut kesuksesan proyek tersebut adalah karena bantuan banyak pihak. Dasar dari proyek itu adalah kemanusiaan, ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia, bukan hanya Army (penggemar BTS) atau K-popers (penyuka K-pop).

"Jadi, keberhasilan project ini bukan hanya karena satu fandom, tapi karena kebaikan hati masyarakat Indonesia yang tergerak untuk membantu saudara kita di Palestina. Kami sangat berharap bantuan yang kami sampaikan dapat berguna dan berharap peperangan dapat segera dihentikan," ujar tim BTS Army Indonesia.

Sebelum ini, BTS Army Indonesia juga telah menghimpun dan menyalurkan donasi untuk berbagai pihak yang membutuhkan di banyak kesempatan. Misalnya, untuk korban bencana alam atau membantu pembangunan fasilitas pendidikan.

Pada April 2018, BTS Army Indonesia menggalang donasi untuk program UNICEF Indonesia. Sementara, untuk merayakan HUT ke-5 BTS pada 2018 silam, BTS Army Indonesia menyalurkan donasi untuk pembangunan sekolah di Palestina, bekerja sama dengan PKPU Jawa Barat. 

Dalam berbagai momen ketika terjadi bencana alam, BTS Army Indonesia pun tak pernah absen menyalurkan bantuan. Mulai dari gempa Lombok (Agustus 2018), gempa bumi dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala (Oktober 2018), tsunami Selat Sunda (Desember 2018), banjir dan tanah longsor Bengkulu (Mei 2019), dan bencana gempa Cianjur (November 2022).

Pada sejumlah perayaan pun, BTS Army Indonesia memperingatinya dengan berdonasi. Misalnya, saat hari ulang tahun Jimin BTS pada Oktober 2018, dilakukan donasi kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. Begitu juga saat menyambut anniversary BTS pada Juni 2021, ketika BTS Army Indonesia menggalang donasi yang disalurkan untuk para pengemudi ojek online.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement