Rabu 25 Oct 2023 00:37 WIB

Peringati HSN 2023, Pemkab Bantul dan Santri Bersama Bersihkan Sungai

Kebersihan adalah kepentingan semua warga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Santri dan pelajar mengikuti program kali bersih (Prokasih) Hari Santri Nasional 2023 pada salah satu sungai di Jejeran, Bantul, DIY, Selasa (24/10/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Santri dan pelajar mengikuti program kali bersih (Prokasih) Hari Santri Nasional 2023 pada salah satu sungai di Jejeran, Bantul, DIY, Selasa (24/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemkab Bantul mengadakan kegiatan bersih-bersih sungai dalam rangka memperingati Hari Santri 2023. Kegiatan ini salah satunya dilaksanakan di Sungai Belik, Kalurahan Wonokromo, Kapanewon Pleret.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dengan menggerakkan para santri dan relawan lingkungan hidup di beberapa sungai yang tercemar dan lokasi publik di Bantul.

"Gerakan ini akan menyadarkan kita dan masyarakat bahwa sungai ini adalah saluran air yang penting yang harus kita selamatkan dan jaga. Jangan sampai terjadi pencemaran yang semakin memburuk, jadi santri hari ini kita ajak untuk kerja bakti tidak hanya di sini di beberapa sungai juga public spot di Bantul," ujar bupati saat ditemui di acara bersih-bersih di Sungai Belik, Kalurahan Wonokromo, Kapanewon Pleret, Selasa (24/10/2023).

Selain merayakan Hari Santri, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Pemkab Bantul untuk menuju Bantul Bersih Sampah 2025. Menurut Halim, waktu menuju 2025 sangat sempit, sehingga butuh percepatan dengan cara mengajak seluruh lapisan masyarakat bergerak bersama demi tercapainya target program itu di 2025.