Kamis 26 Oct 2023 19:28 WIB

Dasco tak Tahu Status Gibran di PDIP dan Fahri Jelaskan Penentuan Capres di KIM

Pemilihan Gibran dilakukan KIM untuk rrekonsiliasi antara Prabowo dan Jokowi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023).
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, pihaknya sudah memiliki perhitungan tersendiri terkait pemilihan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres). Tapi, Dasco belum dapat mengonfirmasi status cawapres Prabowo tersebut apakah masih kader PDIP atau tidak.

"Kami tidak masuk ke ranah itu tapi kita lihat syarat-syarat pendaftaran KPU, kan tidak ada yang melarang kalau kemudian kita tidak boleh ada kader atau anggota partai lain yang dicalonkan," kata Dasco kepada wartawan di Jakarta, Rabu (25/10).

Baca Juga

Dasco tidak dapat pula menjawab soal apakah Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah mendapatkan lampu hijau dari PDIP. Pasalnya, masalah itu diurus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, dan belum ada perkembangan. "Yang mengurus sekjen kebetulan, jadi saya belum tahu, nanti kita update," ujar Dasco.

Terkait peluang KIM merebut ceruk pemilih Presiden Jokowi, Dasco menyerahkan itu kepada publik. Termasuk, jika ceruk pemilih yang ditarget lewat Gibran itu beririsan dengan pemilih PDIP di Jawa Tengah, tentu menjadi keputusan pemilih.