Kamis 09 Nov 2023 15:02 WIB

Makanan dan Minuman yang Buruk untuk Usus, Sebaiknya Hindari Jika tak Mau Jadi Begini

Makanan yang kurang tepat mengimbas usus dan dapat menyebabkan sejumlah efek samping.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sakit perut (ilustrasi). Ada beberapa makanan dan minuman yang dan buruk bagi usus.
Foto: www.flickr.com
Sakit perut (ilustrasi). Ada beberapa makanan dan minuman yang dan buruk bagi usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang dikonsumsi seseorang akan melewati usus. Artinya, semua yang disantap berdampak signifikan pada mikrobioma usus dan lapisan usus.

Jika asupan yang kurang tepat mengimbas usus, dapat menyebabkan sejumlah efek samping. Ahli gizi Jenna Hope menyebutkan beberapa dampak buruk yang bisa terjadi. Misalnya, terjadi gangguan pencernaan, intoleransi makanan, penurunan atau penambahan berat badan yang tidak diinginkan, gangguan tidur, kelelahan, hingga masalah kulit.

Baca Juga

Demi kesehatan usus yang lebih baik, seseorang perlu lebih memperhatikan apa yang dikonsumsi. Berikut makanan dan minuman yang disebut pakar gizi berdampak buruk bagi kesehatan usus, dikutip dari laman Woman & Home, Kamis (9/11/2023):

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi sehingga dapat berdampak negatif pada lapisan usus. Jika lapisan usus terganggu, maka akan menimbulkan risiko patogen (bakteri jahat) yang tidak diinginkan. Saran ahli gizi, konsumsilah tanpa berlebihan.

2. Protein bar ultraproses

Menurut pakar gizi, kudapan protein bar ultraproses tidak memberikan manfaat apa pun untuk tubuh. Terlebih, banyak protein-bar ultraproses yang beredar di pasaran mengandung pengawet dan pemanis buatan, yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri patogen di usus.

3. Daging merah

Sedikit porsi daging merah dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Namun, jika disantap berlebihan, daging merah adalah masalah nyata bagi kesehatan usus. Sebab, daging merah kaya lemak jenuh dan memuat senyawa yang memicu peradangan di usus.

4. Sirup agave

Pemanis vegan dan alami ini kerap dianggap sehat, namun sebagian besar sirup agave merupakan fruktosa terisolasi. Berbeda dengan memakan buah agave secara utuh, jika mengonsumsi sirup agave, fruktosa yang diisolasi tidak akan dimetabolisme dengan baik dan dapat merusak lapisan usus.

5. Makanan manis

Makanan manis merupakan salah satu makanan terburuk bagi kesehatan usus. Kandungan gula di dalam jenis makanan ini dapat memberi makan bakteri patogen di usus. Makanan manis biasanya juga mengandung perasa dan pewarna buatan, memicu kesehatan usus yang buruk.

6. Sereal ultraproses

Sereal ultraproses yang tinggi gula adalah salah satu yang harus dihindari sebisa mungkin. Lebih baik memilih makanan utuh dan alami agar tubuh mendapatkan cukup serat, sebagai salah satu cara mudah dan sederhana untuk meningkatkan kesehatan usus.

7. Gandum olahan

Menyantap gandum olahan dalam jumlah sedang tidak buruk bagi kesehatan usus. Namun, jangan terlalu sering menyantapnya karena gandum olahan tak mengandung cukup serat. Hal itu berpotensi menyebabkan mikrobiota usus tak seimbang dan memicu masalah pencernaan.

8. Alkohol

Minum minuman beralkohol sangat berdampak buruk terhadap kesehatan usus. Alkohol mengganggu cara gula dicerna dan mengimbas keseimbangan bakteri usus baik dan jahat. Konsumsi alkohol berlebihan juga dapat mengganggu "komunikasi" antara usus dan lever.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَۗ قُلْ فَمَنْ يَّمْلِكُ مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا اِنْ اَرَادَ اَنْ يُّهْلِكَ الْمَسِيْحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَاُمَّهٗ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ۗوَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۗ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Sungguh, telah kafir orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al-Masih putra Maryam beserta ibunya dan seluruh (manusia) yang berada di bumi?” Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dia menciptakan apa yang Dia Kehendaki. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement