Jumat 10 Nov 2023 13:30 WIB

Masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang Telah Diresmikan

Peresmian MAKT yang didesain Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat 2018 2023) ditandai dengan pemukulan beduk dan penandatangan prasasti oleh Wali Kota Maulan Aklil.

Rep: MASPRIL ARIES/ Red: Partner
.
Foto: network /MASPRIL ARIES
.

Masjid Agung Kubah Timah Ikon Religi Kota Pangkalpinang. (FOTO : IG @maulanaklil)

KAKI BUKIT – Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki ikon baru, yang merupakan ikon religi yakni Masjid Agung Kubah Timah (MAKT) yang terletak di jalan Jendral Sudirman.

Hari ini, Jumat, 10 November 2023 masjid yang dimulai pembangunannya pada September 2022 diresmikan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dan akan digunakan untuk salat Jumat perdana.

Desain masjid ini sangat jauh berbeda dengan masjid-masjid lain pada umumnya yang ada Pangkalpinang atau di Provinsi Babel. Masjid yang berdiri di atas lahan lebih dari 5.000 meter persegi ini, bentuk dan desainnya sangat indah dan megah. Wana putih timah yang mendominasi atap kubah membuat MAKT ini sangat elok dipandang mata pada siang atau malam hari.

Di laman instagram @maulanaklil Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menulis “Sebagai provinsi penghasil timah terbesar di Indonesia, Bangka Belitung dengan Ibukota Pangkalpinang, mempunyai ikon dengan hasil buminya, timah. Berdiri megah Masjid Agung Kubah Timah di pusat kota Pangkalpinang. Bisa menampung 1000 lebih jemaah, bersebelahan dengan gereja tertua Maranatha, melambangkan kerukunan umat beragama yang ada di pangkalpinang, Bangka Belitung. Alhamdullilah”.