Senin 13 Nov 2023 22:23 WIB

Agar Terhindar dari Siksa Kubur

Ada sejumlah amalan untuk menghindari siksa kubur.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi laknat dan siksa kubur
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa kubur

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Berbagai amalan yang dilakukan manusia dapat mencegah dirinya untuk mendapatkan siksa kubur yang mengerikan. Dan apa saja amalan penghalang siksa kubur tersebut?

Melalui pesan Telegram Ustadz Najmi Umar Bakkar menjelaskan amalan yang menghidari manusia dari siksa kubur, yang berdasarkan dari hadits Nabi ﷺ. Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

Baca Juga

"Sesungguhnya mayit itu ketika sudah diletakkan ke dalam kuburnya, maka dia dapat mendengar suara sandal mereka (para pengantar), tatkala mereka pulang meninggalkannya. Maka jika dia seorang mukmin, ibadah shalatnya berada di sisi kepalanya, dan puasa berada di sebelah kanannya, serta zakat berada di sebelah kirinya. Dan perbuatan-perbuatan yang baik seperti sedekah dan shalat (sunnahnya), dan perbuatan baiknya kepada sesama manusia berada pada sisi kedua kakinya. 

Lalu didatangkanlah dari arah kepalanya, maka akan berkatalah shalatnya : "Tidak ada jalan masuk dari arahku". Kemudian didatangkan dari arah sebelah kanannya, maka puasa juga akan berkata : "Tidak ada jalan masuk dari arahku". Kemudian didatangkanlah dari arah sebelah kirinya, maka zakatnya juga akan berkata : "Tidak ada jalan masuk dari arahku"

Kemudian didatangkanlah dari arah ke dua kakinya, maka berkatalah amal-amal kebaikannya ; seperti sedekahnya, shalat (sunnah) dan amal-amal kebaikan lain yang dilakukan kepada sesama manusia : "Tidak ada juga jalan masuk dari arahku". Lantas dikatakan kepadanya setelah itu : "Duduklah..." (HR. Ath-Thabraani dalam al-Mu'jamul Ausath III/105 dan juga oleh Ibnu Hibban no. 3113, haditsnya dari Abu Hurairah, Shahiihut Targhiib no. 3561)

"Seseorang itu akan didatangi di dalam kuburnya, maka ketika dia didatangi dari arah kepalanya, bacaan Alquran dapat mencegahnya (maksudnya ia mencegah dari Malaikat yang akan memberikannya hukuman), dan ketika didatangi dari arah depan, sedekah pun akan mencegahnya, dan ketika ia didatangi dari arah kakinya, langkahnya menuju masjid-masjid akan mencegahnya" (HR. Ath-Thabraani dalam al-Mu'jamul Ausath IX/166, haditsnya dari Abu Hurairah, Shahihut Targhib no. 3561)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement