Kamis 16 Nov 2023 23:54 WIB

Kalah Telak 1-5, Indonesia Gagal Bawa Poin dari Kandang Irak

Indonesia melakukan banyak kesalahan sendiri yang mampu dimanfaatkan Irak.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Foto: REPUBLIKA/Edwin Dwi Putranto
Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

REPUBLIKA.CO.ID, BASRA -- Timnas Indonesia gagal membawa poin pada laga pertama Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah kalah 1-5 dari Irak, di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) malam WIB. Indonesia melakukan banyak kesalahan sendiri yang mampu dimanfaatkan Irak untuk menciptakan gol.

Irak menekan pertahanan Indonesia sejak laga dimulai. Namun pertahanan Indonesia yang rapat membuat tuan rumah kesulitan menembus area penalti. Pada menit ke-10 Irak mendapatkan peluang melalui tendangan sudut. Namun kiper Nadeo dengan mudah menangkap bola.

Baca Juga

Hingga 15 menit awal, Asnawi dan kawan-kawan masih mencari pola permainan dan keluar dari tekanan. Bahkan Indonesia belum memiliki peluang berbahaya hingga menit ke-19.

Gawang Nadeo kebobolan pada menit ke-20 melalui sepakan terukur Bashar Rasan. Gol tersebut berawal dari kesalahan Marc Klok yang gagal mengontrol bola dengan baik.

Tertinggal 0-1, Indonesia perlahan meningkatkan serangan. Namun pada menit pada menit ke-35, Indonesia justru tertinggal 0-2 setelah Jordi Amat melakukan gol bunuh diri. Jordi berniat menghalau bola lambung menggunakan kepala namun justru mengarah ke gawang Nadeo.

Satu menit berselang, Indonesia menciptakan kemelut di depan gawang Irak. Namun pemain Irak dengan cepat mematahkannya. Indonesia memperkecil ketertinggalan 1-2 pada babak pertama berkat gol Shayne Pattynama pada menit ke-45+3.

Irak mendapatkan peluang pertama di babak kedua pada menit ke-47 melalui skema tendangan bebas. Namun pemain Indonesia sukses memblok bola. Satu menit berselang giliran Indonesia menciptakan peluang.

Berawal dari pergerakan Saddil di sisi kiri pertahanan Irak, pemain Sabah FC ini memberikan umpan lambung ke tiang dekat di mana Dendy siap menyambut. Namun kiper Irak lebih cepat menghalau bola.

Jual beli serangan terjadi pada babak kedua seiring permainan terbuka yang diperagakan oleh Indonesia. Namun kesalahan pemain Indonesia membuat gawang Nadeo kembali kebobolan melalui tembakan keras Osama Rashid pada menit ke-60 yang membuat Irak unggul 3-1.

Irak kian percaya diri dengan dengan keunggulan 3-1. Tuan rumah pun menambah keunggulan 4-1 melalui Youssef Amyn pada menit ke-81. Gol Al-Hamadi pada menit ke-88 menutup kemenangan Irak 5-1.

Susunan Pemain Irak Vs Indonesia:

Irak:

Jalal Hassan, Rebin Sulaka, Hussein Ali, Ali Adnan Kadhim, Osama Rashid, Amir Al-Ammari, Merchas Doski, Bashar Rasan, Ibrahim Bayesh, Ali Jasim, Aymen Hussein.

Pelatih:

Jesus Casas

Indonesia:

Nadeo Argawinata, Shayne Pattynama, Elkan Baggot, Jordi Amat, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Adam Alis, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement