Selasa 21 Nov 2023 13:07 WIB

AS Lobi Israel Agar Diikutsertakan Mengelola Ladang Gas di Lepas Pantai Gaza

Potensi cadangan gas alam di perairan Gaza diperkirakan sebesar 1 triliun kubik.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Warga Palestina memancing dari perahu mereka di Laut Mediterania di sepanjang pantai Kota Gaza, Selasa, 8 Maret 2022.
Foto: AP/Adel Hana
Warga Palestina memancing dari perahu mereka di Laut Mediterania di sepanjang pantai Kota Gaza, Selasa, 8 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penasihat keamanan energi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Amos Hochstein berkunjung ke Israel untuk mencegah front kedua di Lebanon saat Israel bertempur dengan Hizbullah di perbatasan. Kunjungannya juga untuk mere rencana ekonomi potensial pada kilang gas alam di lepas pantai di Gaza.

"Kunjungan ini merupakan kelanjutan dari kunjungan Hochstein ke Beirut pada awal bulan ini, di mana ia menegaskan Amerika Serikat tidak ingin melihat konflik di Gaza meningkat dan meluas ke Lebanon," kata pejabat pemerintah AS, Senin (20/11/2023).

Baca Juga

"Selama di Israel, Hochstein akan menekankan memulihkan ketegangan di sepanjang perbatasan utara Israel sangat penting bagi Amerika Serikat dan harus menjadi prioritas utama bagi Israel dan Lebanon," tambahnya.

Tahun lalu Hochstein membantu menyelesaikan kesepakatan demarkasi maritim antara Israel dan Lebanon. Kesepakatan ini membawa langkah akomodasi antara kedua negara yang berseteru ini ketika mereka mengincar eksplorasi energi lepas pantai.