Sabtu 25 Nov 2023 00:29 WIB

Pengidap Diabetes Ternyata Masih Boleh Konsumsi Gula Pasir, Apa Syaratnya?

Pengaturan makan menjadi salah satu pilar pengelolaan diabetes.

Red: Reiny Dwinanda
Gula pasir (Ilustrasi) Pengidap diabetes masih bisa mengonsumsi gula pasir, namun tetap ada batasannya.
Foto: www.pixabay.com
Gula pasir (Ilustrasi) Pengidap diabetes masih bisa mengonsumsi gula pasir, namun tetap ada batasannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dietsien dari Instalasi Pelayanan Gizi RSCM Sri Rejeki Wahyuningrum mengatakan pengidap diabetes masih boleh mengonsumsi gula pasir. Syaratnya, jumlahnya maksimal 5 persen dari total kebutuhan kalori per hari.

"Gula pasir dalam satu hari itu sampai 5 persen dari total kebutuhan kalori, itu masih diperbolehkan. Itu biasanya kita menggunakannya untuk bumbu masakan, bukan untuk minum teh atau minum sirup," kata dia dalam sebuah acara kesehatan yang digelar daring beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Kemudian, bagi mereka yang ingin menyantap satu sendok madu, yang sebenarnya termasuk karbohidrat sederhana, sebaiknya mengurangi asupan buah hariannya. Menurut Wahyuningrum, satu sendok makan madu setara satu porsi buah.

Oleh karena itu, Wahyuningrum menyarankan pengidap diabetes mengurangi asupan buah hariannya dari semula empat sesuai rekomendasi menjadi tiga porsi sehari.

"Kalau minum manis ditambah gula pasir, hanya mendapatkan manis, kalau makan buah ada vitaminnya ada serat, dan serat dapat membantu menurunkan glukosa darah. Jadi lebih banyak zat gizi dibandingkan hanya minum minuman manis," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement