Sabtu 25 Nov 2023 09:19 WIB

Doa untuk Gaza dari Jamaah Sholat Jumat Masjid Athena Yunani

Pembangunan masjid satu-satunya di Athena sempat ditentang hingga mundur 10 tahun.

Red: Erik Purnama Putra
Wapres Maruf Amin saat mengunjungi Masjid Athena, Yunani, Jumat (25/11/2023).
Foto: Setwapres RI
Wapres Maruf Amin saat mengunjungi Masjid Athena, Yunani, Jumat (25/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Fauziah Mursid dari Athena, Yunani

Lantunan doa untuk keselamatan seluruh warga Jalur Gaza, Palestina di akibat serangan Zionis Israel didengungkan berbagai pihak di penjuru dunia. Satu di antaranya secara khusus dilantunkan oleh jamaah sholat Jumat Masjid Athena di Yunani yang dipimpin Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Jumat (24/11/2023).

Wapres Ma'ruf usai sholat Jumat di masjid satu-satunya dan pertama di Athena itu, memimpin pembacaan doa untuk Gaza. Doa yang disampaikan dalam bahasa Arab itu diantaranya meminta keselamatan untuk warga Gaza dan segera berakhirnya konflik di wilayah tersebut.

"Ya berdoa supaya orang-orang yang berjuang di Gaza itu kemudian juga diberi pertolongan, dilindungi," ujar Kiai Ma'ruf dalam keterangannya kepada wartawan, termasuk Republika.co.id.

Kiai Ma'ruf juga menekankan keseriusan Indonesia dalam upaya mendorong penyelesaian permanen konflik Israel-Palestina. Pemerintah Indonesia melalui berbagai forum internasional, kunjungan Presiden Joko Widodo ke sejumlah negara, termasuk kedatangan Wapes Ma'ruf ke Yunani juga bagian di dalamnya, menyerukan perdamaian global.

Tiga hari kunjungan Wapres di Yunani, mulai bertemu dengan Parlemen Yunani, Uskup Agung Yunani Ieronymos II dan seluruh Yunani di Holy Archdiose of Athens, hingga bertemu dengan Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis di Maximos Mansion, Athena juga menyerukan hal sama.

Kiai Ma'ruf meyakini, dorongan seluruh dunia terhadap berakhirnya konflik Israel-Palestina akan memberikan pengaruh nyata terhadap solusi permanen kedua pihak. Untuk itu, ia mengajak seluruh negara terus mendorong penyelesaian permanen konflik Israel-Palestina.

 

"Karena itu, kalau seluruh dunia ini. Saya bilang, kita serius kalau Indonesia, bahkan Presiden (Jokowi) sudah menemui Joe Biden di Amerika untuk minta Amerika Serikat mengambil peran, untuk beliau sama sama (mendorong penyelesaian konflik)," ujar RI 1.

Karena itu, doa untuk Gaza di Masjid Athena menjadi penutup rangkaian misi perdamaian Wapres di Yunani. Secara khusus, Kiai Ma'ruf juga terkesan bisa berkesempatan sholat Jumat dan berdoa di Masjid Athena Yunani yang baru diresmikan pada November 2020.

Cerita mengenai pembangunan masjid tersebut penuh hari. Hal itu lantaran sempat tertunda selama satu dasawarsa karena mendapat penolakan keras dari berbagai pihak di Yunani.

 

"Saya merasa nyaman sekali bahwa di mana pun kita bisa ada komunitas Muslim yang bisa menjalankan, walaupun di negeri mayoritas non-Muslim," ujar Kiai Ma'ruf.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut menilai, keberadaan Masjid di Athena menunjukkan mulai terbukanya toleransi agama di Yunani. "Ini menunjukkan bahwa memang kita sedang membangun yaitu ada toleransi, tasamuh, di antara agama-agama bisa hidup di mana saja," kata Kiai Ma'ruf.

Karena itu, Kiai Ma'ruf berharap, hal itu membuka ruang kebebasan beribadah bagi umat Muslim di dunia dan saling memahami antar agama lainnya. Meski bentuk masjid di Athena tidak seperti, umumnya masjid yang terdapat kubah atau menara, hal itu tidak menjadi persoalan baginya.

Sebab, pembangunan rumah ibadah menyesuaikan kondisi kultur masyarakat di wilayah masing-masing. "Sayang mungkin, tidak ada kubah, disesuaikan dengan kondisi di sini. Saya kira tidak ada persoalan. artinya itu sesuai dengan arsitektur lokal," ujar Kiai Ma'ruf.

Pendirian Masjid Athena berawal dari Undang-Undang Pemerintah Yunani Nomor 3512/2006 yang kemudian proyek pembangunannya dimulai pada 2007. Namun demikian, pembangunan sempat mengalami penundaan selama 10 tahun karena adanya pertentangan beberapa kelompok di Yunani. Hingga kemudian, pembangunan dilanjutkan dan selesai pada 2018.

Masjid resmi dibuka untuk umat Islam pada November 2020 yang terdiri dari bangunan sholat hingga alun-alun yang dibangun oleh pemerintah Yunani. Masjid diperkirakan bisa menampung sekitar 300 jamaah setiap pelaksanaan sholat Jumat dan ribuan saat bulan suci Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement