Jumat 01 Dec 2023 03:29 WIB

Apa Itu Prompt, Plugins, atau Copilots? Ini Arti Sesungguhnya

Berkat kemajuan terbaru machine learning , kita mencapai terobosan besar teknologi.

Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI dan menjadi bagian dari percakapan global   (ilustrasi)
Foto: Dok. Freepik
Ada beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI dan menjadi bagian dari percakapan global (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Istilah AI, atau kecerdasan buatan, telah digunakan dalam ilmu komputer sejak tahun 1950-an. Namun, kebanyakan orang di luar industri teknologi baru mulai membicarakannya pada akhir tahun 2022. Ini semua berkat kemajuan terbaru dalam machine learning yang menuntun kita pada terobosan besar, dengan dampak luar biasa di hampir setiap aspek kehidupan. Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI dan menjadi bagian dari percakapan global dalam siaran pers Microsoft, Kamis (30/11/2023).

 

Baca Juga

1. Halusinasi

Sistem AI generatif dapat membuat cerita, puisi dan lagu, tetapi kadang-kadang manusia ingin hasil dari AI generatif didasarkan pada kebenaran. Karena sistem AI tidak dapat membedakan antara yang nyata dan palsu, AI generatif dapat memberikan tanggapan yang tidak akurat. Fenomena ini disebut developer sebagai halusinasi, atau istilah yang lebih akurat, fabrikasi. Ini mirip seperti saat seseorang melihat sesuatu yang mirip seperti garis wajah manusia di bulan, dan mengatakan bahwa betul-betul ada manusia di bulan.