Kamis 14 Dec 2023 13:42 WIB

Segera Hadirkan Terobosan Baru, iOS 18 Diperkuat AI?

Apple sebenarnya sudah cukup akrab dengan dengan teknologi AI.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple akan menghadirkan terobosan besar melalui iOS 18./ilustrasi
Foto: Antara
Apple akan menghadirkan terobosan besar melalui iOS 18./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Fitur kecerdasan buatan (AI) mulai diintegrasikan ke dalam ponsel-ponsel pintar terbaru. Samsung misalnya, akan menghadirkan Galaxy AI dalam ponsel pintar terbaru mereka di masa mendatang. Google juga telah menanamkan teknologi AI dalam Pixel 8. Bagaimana dengan Apple?

Apple sebenarnya sudah cukup akrab dengan dengan teknologi AI. Ponsel iPhone sudah memiliki sejumlah fitur AI, seperti fitur deteksi duplikasi foto. Meski begitu, Apple diprediksi akan meningkatkan pemanfaatan AI dalam ponsel-ponsel terbaru mereka untuk bersaing dengan ponsel-ponsel lain.

Baca Juga

Mark Gurman dari Power On juga memprediksi bahwa Apple akan menghadirkan terobosan besar melalui iOS 18. Dengan teknologi Generative AI, asisten virtual Siri bisa menjadi jauh lebih pintar. "Dan aplikasi Message bisa menjawab pertanyaan atau melengkapi kalimat," ungkap Gurman, seperti dilansir CNET pada Kamis (14/12/23).

Sebelumnya, The Information juga sempat melaporkan bahwa Apple berencana untuk menggunakan model bahasa yang lebih luas. Model bahasa merupakan bagian penting dalam Generative AI yang dapat membuat Siri menjadi semakin pintar.

Menurut The Information, Siri akan mampu melakukan tugas yang lebih rumit dengan perintah sederhana. Sebagai contoh, menggabungkan sejumlah foto menjadi GIF lalu mengirimkannya ke seorang kontak di dalam ponsel.

Dalam kesempatan berbeda, Apple juga akan menghadirkan pendukung RCS pada iPhone. Pendukung RCS ini akan disematkan ke dalam iPhone pada penghujung 2024, menurut seorang juru bicara Apple kepada 9to5Mac. Pendukung RCS ini akan bekerja berdampingan dengan iMessage.

RCS atau Rich Communication Services merupakan evolusi dari SMS dan MMS tradisional. Menurut Android Authority, RCS bisa menjangkau beragam fitur moderen, seperti media, enkripsi, hingga penanda pesan sudah dibaca.

Kehadiran pendukung RCS dalam iPhone dapat meningkatkan pengalaman berkirim pesan antara pengguna iPhone dan pengguna Android melalui sebuah fitur yang mirip seperti iMessage. Perbaruan ini juga akan memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video beresolusi tinggi ke berbagai kontak hingga menerapkan enkripsi end-to-end.

Dengan kata lain, pengguna Android bisa berkirim pesan dengan pengguna iPhone melalui RCS, alih-alih dengan SMS biasa. Akan tetapi, fitur iMessage tetap akan menjadi fitur eksklusif untuk iPhone dan produk Apple lain. Kehadiran RCS tidak akan membuat iMessage bisa diakses dan digunakan pada ponsel Android.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai seri iPhone apa saja yang dapat menggunakan iOS18. Untuk saat ini, para pengguna iPhone bisa menggunakan sistem operasi terbaru, yaitu iOS 17. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement