Senin 18 Dec 2023 21:20 WIB

Tokoh Agama Berperan Perkuat Kerukunan Umat

Tokoh agama menjadi rujukan masyarakat menjaga toleransi.

Red: Erdy Nasrul
Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan tokoh agama sangat berperan sebagai penyejuk sekaligus "cooling system" dalam menjaga kerukunan umat terutama di tahun politik.

"Di tahun politik seperti saat ini tentunya peran ulama sangatlah penting guna menjaga ketenangan dan kerukunan antar umat di tengah masyarakat," kata Wali Kota Arief dalam keterangannya di Tangerang Senin (18/12/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, peran ulama tidak hanya dalam menyebarkan ilmu dan wawasan tentang islam tetapi juga sebagai "cooling system" di tengah masyarakat.

"Pemkot Tangerang berharap peran ulama dalam memberikan nasehat dan penyejuk hati kepada umat agar tetap menjaga kerukunan," ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang, lanjutnya, juga telah membangun gedung MUI di setiap kecamatan yang menjadi pusat para ulama dan pemerintah saling bertukar pikiran.

"Ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah bagi para ulama di setiap kecamatan yang ada di Kota Tangerang, karena begitu besarnya peran ulama tidak hanya dalam menyebarkan ilmu," katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para ulama atas peran pentingnya dalam membimbing dan memberikan wawasan islam kepada para santri.

"Saya bersama istri tentunya tidak bisa jadi seperti ini kalau dulunya tidak nyantren ke ulama-ulama yang ada di sini. Karenanya saya beserta keluarga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi para ustad dan ustazah yang tak pernah lelah dalam membimbing para santri menjadi muslim yang 'berakhlakul karimah'," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement