Selasa 19 Dec 2023 19:32 WIB

Rekomendasi Kawasan Pantai untuk Wisatawan yang Hendak Kunjungi Gunungkidul

Gunungkidul juga memiliki potensi wisata alam hingga DTW buatan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Wisatawan menghabiskan sore hari di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul, Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan menghabiskan sore hari di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI -- Kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, DIY masih menjadi primadona wisatawan. Pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul menyebut kawasan pantai ini diperkirakan paling banyak dikunjungi.

"Tahun ini kami perkirakan (kunjungan wisatawan) masih prioritas di kawasan pantai," kata Kabid Pengembangan Destinasi Dispar Kabupaten Gunungkidul, Supriyanta kepada Republika belum lama ini.

Berdasarkan data Dispar Gunungkidul, Supriyanta mengatakan bahwa sepanjang Pantai Ngobaran hingga Pantai Pok Tunggal selalu menjadi primadona bagi wisatawan. Termasuk Pantai Timang, Pantai Baron hingga Pantai Wediombo.

Kawasan pantai tersebut menjadi pilihan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Destinasi wisata pantai tersebut juga dapat menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur Nataru di DIY, khususnya di Gunungkidul.

"Di Pantai Timang lebih banyak wisatawan mancanegara, dan Nataru tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan. Di Wediombo juga selain pantai, dibangun juga wisata buatan dan ini baru saja dibuka, dimungkinkan akan terjadi peningkatan wisatawan juga disana," ungkap Supriyanta.

Tidak hanya kawasan pantai, Gunungkidul juga memiliki potensi wisata alam hingga destinasi tempat wisata (DTW) buatan. Seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Gambar, Gua Pindul hingga, yang juga menjadi pilihan banyak wisatawan yang ingin menikmati wisata alam.

"Destinasi ini juga menjadi bagian yang kita siapkan untuk Nataru," jelasnya.

"Jadi kita ada wisata pantai, wisata gunung, wisata buatan, komplit. Kita sudah siapkan semua menyambut lonjakan pengunjung di Nataru tahun ini," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement