Ahad 31 Dec 2023 17:12 WIB

Malam Tahun Baru 2024, Ini Ruas Jalan yang akan Ditutup di Bandung

Kegiatan perayaan tahun baru di Bandung harus selesai maksimal pukul 01.00 WIB.

Red: Arie Lukihardianti
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Layang (Flyover) Pasupati, Kota Bandung,
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Layang (Flyover) Pasupati, Kota Bandung,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang pergantian tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menyiapkan skema dan antisipasi untuk menjaga keamanan kota. Salah satunya menutup flyover Pasupati atau Jalan Mochtar Kusumah Atmadja sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Flyover yang ditutup hanya satu yaitu Pasupati atau Jalan Mochtar Kusumah Atmadja mulai pukul 23.00 WIB pada 31 Desember 2023. Namun, petugas sudah mulai berjaga dari pukul 20.00 WIB untuk mengatur lalu lintas," ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna kepada wartawan akhir pekan ini.

Penutupan jalan ini, kata Ema, tak hanya dilakukan untuk kendaraan, tapi juga pejalan kaki yang melintas di flyover Jalan Mochtar Kusumah Atmadja. "Kami mendapat laporan dari masyarakat sekitar, kalau banyak yang merayakan pergantian tahun di flyover tersebut. Bahkan ada yang sampai mengganggu ketertiban dengan melempar botol dari atas, ini membahayakan warga yang ada di bawah jembatan," paparnya.

Untuk mengamankan flyover Mochtar Kusumah Atmadja, petugas akan memasang water barrier dan rambu yang dibutuhkan di setiap ruas akses jalan flyover. Selain itu, kata Ema, jalan protokol juga harus banyak dijaga petugas. Seperti di Jalan Asia Afrika, Sudirman, Peta, Pasteur, Sarijadi, Setiabudi, Dipatiukur, Braga.

"Itu merupakan jalur-jalur yang menjadi favorit. Kalaupun tidak untuk kerumunan orang, tapi mobilitas kendaraannya akan tinggi. Kemudian, rekayasa lalu lintas keniscayaan terutama di daerah tertentu," katanya.

Ema meminta, seluruh kegiatan perayaan tahun baru harus selesai maksimal pukul 01.00 WIB. Pihak Kepolisian akan menindak dibantu Satpol PP Kota Bandung. "Alasan apa pun harus dibubarkan. Pihak kepolisian yang akan menindak dibantu Satpol PP kita. Supaya petugas kebersihan kita bergerak. Kita ingin kota ini kembali bersih di hari pertama 2024," katanya.

Sementara menurut Pj Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi, pihaknya akan memasang water barrier, rambu-rambu, traffic cone untuk menutup flyover Mochtar Kusumah Atmadja pada malam tahun baru. "Jalan yang ditutup ke arah flyover itu mulai dari Cikapayang, depan Gasibu juga dipasang water barrier, Tamansari Balubur, Jalan Cihampelas, dan Jalan Djundjunan. Semua sarana tersebut akan dipasang pukul 21.00 WIB," papar Ricky.

Ricky mengatakan, menjelang tahun baru akan terjadi lonjakan di beberapa ruas titik lalu lintas, seperti di Gasibu, Jembatan Pasupati atau Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja, Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika, Dago, Braga, dan Merdeka. 

Sedangkan untuk kebijakan dan manajemen rekayasa lalu lintas, sifatnya situasional sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Sebab, terpantau di dua gerbang tol yakni Pasteur dan Buahbatu mengalami lonjakan kendaraan masuk. Dari Gerbang Tol Buah Batu sebanyak 138.252 kendaraan dan Gerbang Tol Pasteur sebanyak 279.883 kendaraan. 

"Jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang melalui Terminal Leuwipanjang mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun 2022, sebesar 48,57 persen. Sedangkan dari Terminal Cicaheum naik 5,45 persen," paparnya.

Antisipasi juga akan dilakukan pada kedatangan masyarakat dari luar Kota Bandung yang masuk melalui Cibiru, atau wilayah barat dan selatan. Nantinya, rekayasa lalu lintas akan dilakukan jika arus tak lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement