Selasa 02 Jan 2024 10:15 WIB

Andika Perkasa Beri Masukan ke Ganjar Jelang Debat Lawan Prabowo

Debat ketiga akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 7 Januari 2024

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid (kiri) bersama Wakil Ketua TPN Andika Perkasa (kanan).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid (kiri) bersama Wakil Ketua TPN Andika Perkasa (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang juga mantan panglima TNI, Jenderal (purn) Andika Perkasa mengatakan bahwa Ganjar Pranowo memiliki pengalaman terkait tema debat calon presiden (capres) pada 7 Januari mendatang. Ia sendiri juga memberikan masukan terkait tema pertahanan.

Diketahui, debat ketiga akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 7 Januari 2024. Tema debat tersebut meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Baca Juga

"Hari Sabtu kemarin saya sudah memberikan masukan kepada tim yang akan mengumpulkan, menghimpun semua isu-isu yg kemudian nanti dilaporkan ke Mas Ganjar," ujar Andika di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Senin (1/1/2024).

Ganjar sendiri kerap menjadi pembicara untuk menyampaikan gagasannya dalam diskusi publik yang mengangkat tema geopolitik. Pengetahuannya tentang pertahanan juga diperolehnya ketika menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

"Jadi menurut saya semua pasti akan berusaha membantu memberikan masukan, terlepas dari apakah materi itu keluar atau tidak dalam debat nanti," ujar Andika.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement