Kamis 04 Jan 2024 17:34 WIB

Masyarakat Boyolali Diimbau Waspada Bencana Saat Musim Hujan

Potensi bencana yang mungkin timbul, yakni banjir dan tanah longsor.

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah anak bermain di tengah banjir luapan aliran irigasi di Bendosari, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (4/2/2019).
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Sejumlah anak bermain di tengah banjir luapan aliran irigasi di Bendosari, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (4/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengimbau masyarakat mewaspadai bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang memasuki musim hujan pada awal Januari 2024.

"Kami imbau masyarakat waspada terhadap bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang memasuki musim hujan pada awal Januari ini," kata Kepala Pelaksana BPBD Boyolali Suratno, di Boyolali, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga

Suratno mengatakan dengan masuknya musim hujan pada awal tahun ini, tentu potensi bencana yang mungkin timbul yakni banjir dan tanah longsor. "Sehingga, kepada teman-teman pemangku kepentingan di wilayah baik kecamatan di Kabupaten Boyolali dapat mensosialisasikan kepada para kepala desa yang diteruskan kepada masyarakat," katanya.

Sia menyebut drainase berpotensi tersumbat hingga dapat menimbulkan luapan air hujan seperti yang pernah terjadi pada akhir tahun 2023 di Desa Selo. Banjir dan tanah longsor juga bisa terjadi karena adanya saluran yang tersumbat.